SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo

Beranda Berita Kegiatan RIHLAH : Tamasya sambil Menguatkan Hafalan Al-Qur'an

RIHLAH : Tamasya sambil Menguatkan Hafalan Al-Qur’an

SD MUHIDA – Selasa, 13 Desember 2022, Murid program kelas Tahfidz SD Muhida mengikuti kegiatan Rihlah yang dilaksanakan di wisata Kusuma Tirta Minapolitan, Kedungpeluk, Candi, Sidoarjo. Rihlah atau dalam bahasa indonesia diartikan perjalanan merupakan kegiatan yang dimaksudkan untuk menguatkan hafalan Al-Qur’an Murid-murid kelas tahfidz, mereka diajak untuk menghafal Al-Qur’an di alam terbuka sembari menikmati suasana alam.

“Menghafal Al-Qur’an tidak cuma bisa dilakukan di masjid atau mushala saja anak-anakku, kita juga bisa menghafal Al-Qur’an sambil melakukan berbagai kegiatan sehari-hari, misal sambil menyapu sambil melafalkan surat” Tutur Pak Saiful kepala SD Muhida dalam sambutannya “di sini nanti kalian juga akan demikian, kalian bisa bersantai menikmati alam sembari menghafal, bisa juga sambil memancing sambil menghafal” lanjut beliau.

“Pak Saiful berdoa semoga kalian dijadikan Allah sebagai anak-anak yang mampu menjaga hafalannya, sehingga menjadi amal bagi kalian dan orang tua kalian di akhirat kelak, dengan mengucap Bissmillahirrohmaanirrohiim, Rihlah kelas tahfidz Pak Saiful Buka” tutup beliau.

Murid-murid dibagi kedalam enam kelompok belajar, mereka memilih tempat masing-masing untuk menghafal sesuai keinginan mereka, ada yang di gazebo, ada yang dipinggir kolam ada yang di bawah pepohonan dan sebagainya. Beberapa metode penguatan hafalan seperti membaca bersama-sama dan sambung ayat mereka lakukan bersama teman dan guru.

Hingga adzan dhuhur berkumandang, murid beristirahat sejenak utk melaksanakan sholat berjamaah dan disambung dengan makan siang bersama. Setelah itu, mereka melanjutkan penguatan hafalan surat-surat mereka khususnya juz 30. Pukul 14.00 kegiatan penguatan hafalan selesai, murid diperbolehkan mengeksplorasi tempat wisata sembari menantikan adzan Ashar.

Mereka asyik bermain, ada yang bermain ayunan, melihat Iguana, bermain sepeda air, juga memancing. Hingga adzan Ashar berkumandang, kami melaksanakan sholat berjamaah dan bersiap perjalanan kembali ke sekolah.

Alhamdulillah, kegiatan rihlah hari ini berjalan lancar dan seru, Semoga kegiatan rihlah ini membemberi dampak positif. Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

SD MUHIDA PANEN MEDALI DI OLYMPICAD 7 BANDUNG

SD MUHIDA - Suasana hari ke empat di kota Bandung di pagi...

Perpustakaan Keliling SD Muhida Tiba di Taman Abhirama

SD MUHIDA - GLS atau gerakan loiterasi sekolah SD Muhida merupakan tim yang dibentuk dengan tujuan menyemarakkan literasi di lingkungan sekolah,...

Pulang dari Malaysia Tim Robot Muhida Oleh-oleh Empat Tropi

SD MUHIDA - Empat orang murid SD Muhida yaitu Rafardhan Athallah, M Yuki Maulana, Zuhal Abdillah Afkar dan Saka Athir Madakara yang...

Upacara Bendera HUT RI-78 : Teruskan Perjuangan Pahlawan dengan Giat Belajar

SD Muhida - SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-78 pada...

MAKASA day 2 : Bergembira di Atas Panggung

SD MUHIDA - Makasa di hari ke dua tidak kalah seru, acara dibuka di halaman sekolah oleh Bapak Saiful selaku kepala SD...