SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo

Beranda Berita Mengajarkan Peduli Lingkungan dengan Proyek Prakarya Dari Limbah Botol Plastik

Mengajarkan Peduli Lingkungan dengan Proyek Prakarya Dari Limbah Botol Plastik

SD Muh1da – Hingga minggu ke 4 bulan Januari ini, terdapat banyak pembelajaran jarak jauh kreatif yang di berikan oleh guru kepada murid, SD Muhida selalu berkomitmen untuk memberikan pembelajaran yang joyful & meaningfull dalam setiap pembelajarannya, yang artinya, pembelajaran yang diberikan selain harus menyenangkan bagi murid, juga berdampak tersampaikannya makna yang baik.

Salahsatunya adalah pembelajaran bagi kelas 2 kali ini, murid kelas 2 diajak oleh Guru untuk membuat prakarya seni yang terbuat dari bahan botol plastik bekas.

Dengan proyek ini, Bapak/Ibu Guru bertujuan untuk menumbuhkan sikap peduli lingkungan dengan pengolahan limbah plastik, selain itu, pembelajaran ini diharapkan dapat mengembangkan kemampuan bakat dan kreativitas murid secara optimal, sehingga dapat membantu meningkatkan pola pikir murid dalam menghadapi persoalan-persoalan di masa mendatang dengan kreativitas dan daya imajinasi mereka.

Pertama, murid diminta oleh guru menyiapkan bahan-bahan seperti botol plastik bekas, cat, pernak pernik, lem dan sebagainya, juga peralatan seperti gunting dan kuas.
Selanjutnya, murid ditantang untuk membuat kreasi berupa vas bunga atau tempat pensil menggunakan bahan-bahan tersebut sesuai kreatifitas maing-masing.

Melalui kelas virtual zoom, guru mengawasi serta memandu murid dalam mengerjakan proyek ini, suasana kelas virtual begitu seru dan semarak oleh suara murid-murid yang bersahut-sahutan saking antusiasnya dengan pekerjaan mereka.
Guru dengan sabar menanggapi dan mamandu murid-murid hingga akhirnya satu persatu dari mereka menyelesaikan hasil karyanya.

Dan,.. Woww, lihatlah hasil karya mereka, diluar ekspektasi, mereka berhasil membuat karya seni yang begitu indah juga lucu-lucu, berbagai warna hingga bentuk mereka ciptakan, yang tadinya hanya sebuah limbah botol plastik bekas, kini telah berubah menjadi benda yang memiliki nilai seni dan berguna pula, yukk, kita intip hasil karya mereka.

Bagaimana?.. mengesankan bukan, karya-karya murid kelas 2 SD Muhida ini?.., benar-benar murid-murid yang berbakat, guru-gurunya juga hebat.

Dengan proyek pembelajaran kali ini siswa menjadi mengerti bahwa limbah plastik itu berbahaya bagi lingkungan hidup, dan kita dapat membantu mengurangi sampah plastik dengan cara mendaur ulangnya menjadi baenda yang berguna.

Semoga dengan materi-materi pembelajaran jarak jauh kreatif yang diberikan oleh Bapak/Ibu Guru Muhida kepada murid ini menjadi sebuah ikhtiar yang positif, serta benar-benar dapat memberi kemajuan dalam hal pengembangan life skills dan pengetahuan siswa, dan semoga dapat tetap menjaga kegembiraan murid dalam belajar dari rumah.

SD MUHIDA – THE WELLBEING SCHOOL
SD MUHIDA – ISLAMI, MANDIRI, BERBUDI, BERPRESTASI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

SD MUHIDA PANEN MEDALI DI OLYMPICAD 7 BANDUNG

SD MUHIDA - Suasana hari ke empat di kota Bandung di pagi...

Perpustakaan Keliling SD Muhida Tiba di Taman Abhirama

SD MUHIDA - GLS atau gerakan loiterasi sekolah SD Muhida merupakan tim yang dibentuk dengan tujuan menyemarakkan literasi di lingkungan sekolah,...

Pulang dari Malaysia Tim Robot Muhida Oleh-oleh Empat Tropi

SD MUHIDA - Empat orang murid SD Muhida yaitu Rafardhan Athallah, M Yuki Maulana, Zuhal Abdillah Afkar dan Saka Athir Madakara yang...

Upacara Bendera HUT RI-78 : Teruskan Perjuangan Pahlawan dengan Giat Belajar

SD Muhida - SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-78 pada...

MAKASA day 2 : Bergembira di Atas Panggung

SD MUHIDA - Makasa di hari ke dua tidak kalah seru, acara dibuka di halaman sekolah oleh Bapak Saiful selaku kepala SD...