SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo

Beranda Berita Kegiatan HARI PERTAMA MASUK SEKOLAH : MUHIDA ALA TRADISIONAL JAWA

HARI PERTAMA MASUK SEKOLAH : MUHIDA ALA TRADISIONAL JAWA

SD MUHIDA – membuka tahun ajaran baru ini dengan acara Makasa (18/7/22), MAKASA atau Masa Kasih Sayang adalah istilah SD Muh1da untuk kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi murid baru, makasa tahun ini akan berlangsung dalam 2 hari.

Memilih tema “Dolanan Bareng Muhida”, sekolah ingin mengenalkan ragam kebudayaan Jawa kepada murid baru. Tampilan lingkungan sekolah telah disulap sedemikian rupa dengan dekorasi-dekorasi ala Jawa klasik. Bapak/Ibu dan karyawan pun telah siap dengan kostum adat Jawa masing-masing untuk menyambut murid-mmurid di depan gerbang sekolah.

Selain itu, telah disiapkan juga beberapa stan menarik seperti stan Permainan tradisional, stan jajanan tradisional, stan robotika, stan gamelan dan stan kuis Al-Islam.

Pukul 07.00 WIB Murid mulai berdatangan, sebelum memulai acara inti, mereka berkumpul di kelas masing-masing untuk berkenalan dengan teman-teman sekelas juga Bapak/Ibu guru wali kelas.

Setelah itu guru mengajak murid keluar dan berkumpul di halaman sekolah untuk mengikuti opening ceremony oleh Bapak Kepala SD Muhida Moh Saifullah Rochim. “Inilah sekolah kita SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo atau biasa disebut Muhida,
Pak Saiful ucapkan selamat datang, insyaallah kalian akan bertemu dengan guru-guru yang menyenangkan dan hari ini kita akan banyak bermain-main” tutur Beliau.

“Semoga murid kelas satu ini hingga sampai kelas 6 nanti senang belajar di SD Muhida dan mendapat ilmu yang berguna bagi agama, negara dan orang tua kalian, dengan mengucap Bissmillahhirrohmaanirrohim, acara Makasa hari ini Pak Saiful buka” tutup Beliau.

Setelah itu, murid dipandu wali kelas masing-masing untuk melakukan school tour, mengenal area sekolah sembari berkenalan dengan setiap petugas di posisinya.

Setelah itu, murid-murid sejenak kembali ke kelas untuk beristirahat, sepuluh menit kemudian, murid diajak untuk menjajahi setiap stan yang ada di sekolah, ada yang bermain bersama guru di stan permainan tradisional, mereka diajarkan untuk bermain egrang, klompen raksasa, congklak, bekel dan masih banyak lagi.

Tampak tawa lebar menghiasi wajah-wajah mereka, mereka antusias dan gembira menjajal beragam permainan yang mungkin sudah jarang mereka temukan di lingkungan tempat tinggalnya. “Pak, mau naik itu”, kata salah seorang murid dengan berani sembari menuding sepeda kebo, “Ayo.. ayo sama pak Ji” jawab Pak Buaji sembari menggendong dan menaikkannya ke sepeda, lalu mereka berputar-putar halaman sekolah menaiki sepeda tersebut.

Beberapa dari mereka ada yang lebih tertarik untuk menjajal alat musik gamelan, dipandu Ibu Guru, mereka belajar memainkan angklung, bonang, kendang, gong, dan lainnya.

Di sudut lain, ada pula yang tertarik ikut kuis surat pendek, di stan Al-islam mereka bermain Spinning wheel yang berisi surat-surat pendek, dan dimana roda itu berhenti, maka surat tersebutlah yang harus mereka baca, yang berhasil membacanya dengan lancar mendapatkan hadiah pensil lucu dari Ibu guru.

Suasana berbeda lagi di stan robot, Murid-murid terkagum dan heran ketika melihat ada robot yang bisa bermain angklung dan memainkan beberapa lagu seperti ibu kita kartini, indonesia raya, cublak-cublak suweng juga banyak lagi. Robot tersebut adalah karya kakak-kakak extra robotika bersama pembina.
“Pak..pak, saya tahu lagu ini pak” cetus salah seorang murid mendengar lagu yang sedang dimainkan si robot angklung, “Ayoo kalau kamu tahu ini judulnya apa?” tantang Pak Candra yang menjaga stan robotika, “Ibu kita kartini!!” jawabnya, “Betuull, pinteeer” kata Pak Candra sembari tertawa.

Jajanan tradisional juga sudah berjajar di stan jajanan muhida, tampak murid-murid mengerubunginya, tersedia jajanan seperti tiwul,klepon, gempo, lupis dan sebagainya. Selain itu ada juga rujak buah, serta umbi-umbian rebus seperti singkong,ubi, kentang dan kacang. Faktanya kebanyakan dari mereka belum pernah menjajal jajanan-jajanan tersebut, sehingga mereka begitu antusias menjajalnya.

Hari ini Murid-murid boleh mengeksplorasi apa saja yang menarik bagi mereka sepuasnya. Hari pertama makasa ini selesai pukul 10.00 WIB. Semoga hari ini murid-murid pulang ke rumah membawa pengalaman dan kesan yang menyenangkan serta membekas di hati mereka.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Bina Islam & Keimanan Kelas 6 :Memperkuat Hafalan dan Materi Keislaman

SD MUHIDA - Murid kelas 6 SD Muhida mengikuti kegiatan Bina Islam dan Keimanan (BIK), setelah melakukan registrasi dan meletakkan barang...

Berkenalan dan Bergembira Bersama di Muhida Open Day 2023

SD MUHIDA - Sabtu, 14 Januari 2023, SD Muhida menyelenggarakan acara rutin tahunan yaitu Muhida Open Day, tahun ini mengusung tema...

English Holiday Camp : Belajar Bahasa Inggris Sambil Membentuk Karakter

SD MUHIDA - Libur akhir semester telah tiba, seperti di semeter-semester sebelumnya, SD Muhida selalu menyelenggarakan kegiatan English camp, yaitu berlibur...

Gelar Karya P5 : Murid Presentasikan Batik dan Kuliner kas Sidoarjo

SD MUHIDA - Kamis, 15 Desember 2022 SD Muhida menggelar acara bertajuk Gelar Karya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) untuk...

RIHLAH : Tamasya sambil Menguatkan Hafalan Al-Qur’an

SD MUHIDA - Selasa, 13 Desember 2022, Murid program kelas Tahfidz SD Muhida mengikuti kegiatan Rihlah yang dilaksanakan di wisata Kusuma...