SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo

Beranda Berita Kegiatan Persiapan Pertukaran Budaya Jepang-Indonesia bersama SJS

Persiapan Pertukaran Budaya Jepang-Indonesia bersama SJS

SD MUHIDA – Sabtu, 16 Juli 2022, SD Muhida kedatangan tamu spesial dari Sekolah Jepang Surabaya (SJS) ,Sebanyak empat orang termasuk satu penerjemah bahasa jepang tiba pukul 10.00 WIB di halaman sekolah, didammpingi guru jepang Muhida, Pimpinan menyambut kedatangan tamu ini.

Fukuda Eki, atau biasa dipanggil Fukuda Sensei (Kepala SJS) takjub dengan dekorasi ala tradisional Jawa yang memenuhi setiap sudut sekolah, sekolah saat ini memang sedang melakukan dekorasi tradisional jawa untuk menyambut makasa denngan tema “Dolanan Barang Muhida”, Senin, 18 Juli nanti.

Tak lama kemudian kami mulai membahas perihal tujuan SJS bertamu ke SD Muhida, ternyata, sekolah yang berlokasi di Jl.Jetis Seraten, no 2-4 ,Ketintang, Surabaya ini menyampaikan undangan untuk berkolaborasi dalam event pertukaran budaya sekolah.

Rundownnya sebagai berikut, Pada 26 September 2022, SD Muhida diundang ke SJS untuk mengenal budaya sekolah di sana, tahap berikutnya yaitu 29 Oktober 2022, SJS mengajak SD Muhida untuk bersama-sama berbagi panggung dalam acara pentas seni pertukaran budaya, konsepnya adalah akan ada penampilan budaya Jepang dari murid-murid SJS, dan penampilan budaya Jawa dari Murid-murid SD Muhida. Dan terakhir, pada 25 Januari 2023 nanti, murid-murid SJS akan berkunjung ke SD Muhida untuk mengenal budaya sekolah di Muhida.

Setelah bersepakat perihal beberapa hal, selanjutnya Pimpinan Muhida mengajak rombongan untuk tour keliling sekolah sambil menjajal beberapa fasilitas yang ada, seperti penggunaan Muhida Smart Card yang digunakan untuk Absensi, Transaksi di Koperasi dan Kartu peminjaman buku di perpustakaan, di sela-sela tour itu, Yoshikawa Sensei selaku Penanggungjawab acara, memusatkan pandangannya pada alat musik gamelan yang terpajang di salah satu sudut sekolah, “Apa boleh mencoba ini?” tanya nya kepada Ibu Mufidah selaku wakil kepala SD Muhida, “Silahkan, insyaallah nanti di hari kita pentas akan kami tampilkan pertunjukan gamelan yang lebih lengkap dari ini” tutur Ibu Mufidah, mendengar berita tersebut Yoshikawa Sensei tampak sumringah dan antusias mencoba memainkan beberapa gamelan.

Tour berakhir 11.40 WIB, setelah sesi foto bersama, jajaran pimpinan mengantar tamu hingga gerbang sekolah “Arigatou, kami merasa terhormat atas undangannya, insyaallah akan berikhtiar untuk memenuhinya” tutur Ibu Mufidah sebelum akhirnya rombongan SJS menaiki kendaraan dan beranjak dari SD Muhida.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

SD MUHIDA PANEN MEDALI DI OLYMPICAD 7 BANDUNG

SD MUHIDA - Suasana hari ke empat di kota Bandung di pagi...

Perpustakaan Keliling SD Muhida Tiba di Taman Abhirama

SD MUHIDA - GLS atau gerakan loiterasi sekolah SD Muhida merupakan tim yang dibentuk dengan tujuan menyemarakkan literasi di lingkungan sekolah,...

Pulang dari Malaysia Tim Robot Muhida Oleh-oleh Empat Tropi

SD MUHIDA - Empat orang murid SD Muhida yaitu Rafardhan Athallah, M Yuki Maulana, Zuhal Abdillah Afkar dan Saka Athir Madakara yang...

Upacara Bendera HUT RI-78 : Teruskan Perjuangan Pahlawan dengan Giat Belajar

SD Muhida - SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-78 pada...

MAKASA day 2 : Bergembira di Atas Panggung

SD MUHIDA - Makasa di hari ke dua tidak kalah seru, acara dibuka di halaman sekolah oleh Bapak Saiful selaku kepala SD...