SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo

Beranda Berita Pengumuman Webinar Sosialisasi Pelaksanaan Tahun Ajaran Baru 2020-2021

Webinar Sosialisasi Pelaksanaan Tahun Ajaran Baru 2020-2021

SIDOARJO – Sabtu, 11 Juli 2020 , SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo mengadakan Sosialisasi pelaksanaan tahun ajaran baru yang di buka melalui konverensi video, acara ini dijadwalkan dalam 4 sesi yaitu sesi kelas 1 pukul 08.00-09.00, kelas 2 pukul 09.30-10.30, kelas 3 & 4 pukul 11.00-12.00, dan kelas 5 & 6 pukul 12.30-13.30, serta disiarkan secara live pada kanal youtube SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo.

Pada setiap sesi dibagi menjadi 2 bagian, yaitu penyampaian materi dari Kepala SD Muh1da, Ibu Enik Chairul Umah, dan selanjutnya adalah sesi Tanya-jawab.

Ibu Enik menyampaikan beberapa informasi berkaitan dengan pelaksanaan tahun ajaran baru 2020-2021, beberapa poin materi yang disampaikan oleh beliau diantaranya :

  1. Kelas 1, tanggal 13-15 makasa virtual
  2. Kelas 1, tanggal 16-17 eksplorasi LMS
  3. Kelas 2-6, tanggal 13-17 eksplorasi LMS
  4. Senin-Jumat jam belajar mulai pukul 7.30-10.45 (daring)
  5. Sabtu jam belajar mulai pukul 07.30-09.00 (daring)
  6. Tutorial Penggunaan LMS Muhida Belajar

Materi selengkapnya dapat dilihat dan diunduh di bawah ini :

[embeddoc url=”http://news.sdmuhida.sch.id/wp-content/uploads/2020/07/Sosialisasi-Tapel-2020-1.pdf” download=”all” text=”Download Materi”]

Ibu Enik menjelaskan bahwa saat pelaksanaan pembelajaran daring, SD Muhida menggunakan media LMS Muhida Belajar, sebagai pengenalan, maka diputarkan video tutorial penggunaan LMS Muhida Belajar seperti dibawah ini:

di tengah-tengah materi, Ibu Enik juga melakukan live survey dengan peserta sosialisasi sebagai responden, terdapat dua poin yang dilakukan survey, yaitu :

  1. Apakah memiliki perangkat pembelajaran online?
  2. Pukul berapa Ayah Bunda bisa mendampingi ananda belajar?

Dengan hasil survey tersebut, nantinya akan dijadikan pemetaan serta bahan evaluasi oleh sekolah.

Setelah pemaparan materi selesai, moderator membuka sesi tanya-nawab, terdapat beberapa pertanyaan pada 4 sesi ini, berikut adalah beberapa pertanyaan penting yang paling banyak ditanyakan dalam 4 sesi sosialisasi ini :

PERTANYAAN : Bagaimana dengan orang tua yang tidak dapat mendampingi anak belajar melalui LMS ketika pagi hari disebabkan adanya kepentingan pekerjaan, apakah bisa dilakukan pada jam-jam lainnya seperti sore atau malam?

JAWABAN : Kelas virtual (tatap muka) akan tetap dibuka pada pukul 07.30-10.30 bagi yang bisa mengikuti, namun, bagi yang berhalangan mengikuti kelas online ini, dapat tetap mengakses materi pembelajaran selama 24 jam, untuk kelas online yang dilakukan diluar jam tersebut, dapat melakukan koordinasi dengan wali kelas masing2.

PERTANYAAN : Dalam pembelajaran via LMS, Beberapa wali siswa masih terdapat kendala yaitu tidak tersedianya media berupa laptop/smartphone, apakah terdapat cara lain yang dapat dilakukan untuk melakukan pembelajaran?

JAWABAN : Wali kelas akan melakukan pemetaan hasil survey bagi siswa dengan minimal resource, dan sebagai alternatif terakhir, sekolah akan menyediakan guru kunjung dengan beberapa ketentuan, yaitu dalam 1 daerah yang diketahui berfasilitas minim tersebut akan dikumpulkan sebanyak 5 siswa dalam 1 tempat, yang akan melakukan pembelajaran dengan guru kunjung 1x selama satu minggu, guru akan memberi materi serta tugas yg harus dikerjakan dalam rentan waktu tersebut.

PERTANYAAN : Bagaimana cara siswa mendapatkan buku untuk tahun ajaran ini?

JAWABAN : BERIKUT ADALAH PROSEDUR PENGAMBILAN DAN PEMBAYARAN BUKU SD MUHIDA :

  1. PEMBAYARAN VIA TRANSFER
    BANK JATIM SYARIAH – 620.2345.721 – a.n SD MUHAMMADIYAH 1 SDA (KOPERASI).
    WAJIB KONFIRMASI 0857.33711.683 (PAK HADI)
  2. PEMBAYARAN TUNAI
    Transaksi di koperasi sekolah
    bertemu Bu Kalimatul Khasanah (setelah diberi kwitansi bisa langsung ambil buku)

PROSEDUR PENGAMBILAN BUKU SD MUHIDA :

  1. Datang ke sekolah dengan menunjukkan bukti transfer/kwitansi
  2. GO SEND
    a. Biaya ditanggung walimurid
    b. Harap memberi catatan kpd driver
    “MENGAMBIL BUKU_NAMA SISWA_KELAS”

NB :

  • Proses transfer bisa mulai SEKARANG
  • Jadwal pengambilan buku menunggu Jadwal dari sekolah
  • Buku K13 akan dipinjami oleh sekolah

Bagi Ayah/Bunda yang tidak sempat mengikuti acara sosialisasi ini, atau ingin kembali menyaksikan video sosialisasi pelaksanaan tahun ajaran baru 2020-2021 dari sesi 1-4, dapat disaksikan di bawah ini:

Sesi 1 (Kelas 1) :

Sesi 2 (Kelas 2) :

Sesi 3 (Kelas 3 & 4) :

Sesi 4 (Kelas 5 & 6) :

Pukul 13.30 sesi terakhir sosialisasi tahun ajaran baru ini selesai, Alhamdulillahirobbilalamin, acara ini berjalan dengan lancar dan baik, semoga dengan adanya acara pada hari ini didapatkan manfaat, serta terwujudnya saling pengertian antara sekolah dengan Wali siswa, Semoga segala hal yang kita ikhtiarkan dalam rangka pendidikan putra-putri kita ini diridhoi serta selalu diberikan kemudahan oleh Allah SWT.

SD MUHIDA-THE WELLBEING SCHOOL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

SD MUHIDA PANEN MEDALI DI OLYMPICAD 7 BANDUNG

SD MUHIDA - Suasana hari ke empat di kota Bandung di pagi...

Perpustakaan Keliling SD Muhida Tiba di Taman Abhirama

SD MUHIDA - GLS atau gerakan loiterasi sekolah SD Muhida merupakan tim yang dibentuk dengan tujuan menyemarakkan literasi di lingkungan sekolah,...

Pulang dari Malaysia Tim Robot Muhida Oleh-oleh Empat Tropi

SD MUHIDA - Empat orang murid SD Muhida yaitu Rafardhan Athallah, M Yuki Maulana, Zuhal Abdillah Afkar dan Saka Athir Madakara yang...

Upacara Bendera HUT RI-78 : Teruskan Perjuangan Pahlawan dengan Giat Belajar

SD Muhida - SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-78 pada...

MAKASA day 2 : Bergembira di Atas Panggung

SD MUHIDA - Makasa di hari ke dua tidak kalah seru, acara dibuka di halaman sekolah oleh Bapak Saiful selaku kepala SD...