SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo

Beranda Berita Highlight Kunjungan KANWIL PAI : Terpesona Pada Seragam Merah Muda

Kunjungan KANWIL PAI : Terpesona Pada Seragam Merah Muda

Aktifitas pagi sekolah sudah terasa dengan berdatangannya murid-murid kelas enam, Mereka disambut oleh tim sambut salam dari wali kelas empat di halaman sekolah. Aktivitas kemudian dilanjutkan dengan sholat dhuha didampingi oleh teman-teman wali kelas enam. Ditengah khusyunya Dhuha, tanpa disadari panggilan dari ketua KKG PAI Sidoarjo sudah berdering sebanyak empat kali. Saya tuntaskan dahulu brefing panitia ujian sekolah, kemudian saya membalas panggilan Mr. Joe panggilan akrap untuk beliau.

            Dengan nada suara tegas Mr. Joe menjelaskan bahwa hari ini ada tamu istimewa dari Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. Kedatang tamu tersebut bertujan untuk memonitoring kegiatan ujian sekolah. Masih dalam rasa tidak percaya saya menanyakan ulang kepada Mr. Joe, “beneran ta pak?”. “ iya bu, insyaallah nanti berangkat ke SD. Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo diantarkan Pak Faisol pengawas PAI kita” jelas beliau.

            Setelah memastikan jam kedatangan saya memulai persiapan. Bersama Pak Burhanuddin salah satu guru PAI SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo, saya sampaikan informasi tersebut kepada Bpk. Moh. Saifullah Rochim, SE, M.Pd. kepala SD  Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo. Seperti biasa, dengan penuh kesederhanaan Pak Saiful langsung turun lapangan ikut membantu persiapan.

            Yang pertama dilakukan Pak Saiful adalah menelepon Bu Susan ketua panitia ujian kelas enam. Alhamdulillah panitia sangat cekatan membantu, mulai dari data siswa peserta ujian sekolah, denah ruang ujian, jadwal pengawas, lembar soal-soal ujian, lembar jawaban komputer, dan hasil ujian langsung siap di atas meja pengawas ujian sekolah. Jika nanti proses monitoring file ujian sekolah ISMUBA sudah siap, Alhamdulillah.

            Sekitar pukul 08.23 Bu Yurike, Staff PAIS kabupaten Sidoarjo menghubungi saya, beliau menjelaskan rombongan sudah berada dekat sekolah. Bpk. Kepala sekolah, ibu Wakil kepala sekolah, ibu kaur humas, Bpk. Burhannuddin, dan saya sudah bersiap menyambut di halaman. Terlihat satu kendaraan memasuki area sekolah, petugas keaman dengan sigap membuka pintu dan mengarahkan mobil tamu. Terimakasih Pak Rofik dan tim yang selalu siap membantu di garda depan sekolah.

            “Baju seragamnya bagus bu, wananya merah muda saya suka”. “Kalimat pembuka sua”  dari Bapak Drs. H.M. Juhedi, M.Pd.I kepala Bidang PAIS Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur yang tidak bisa saya lupakan. Kami menyambut dengan kalimat “Alhamdulillah..” bersama-sama sambil tersipu malu. “Dengan tampilan ruang kepala sekolah yang sangat bagus ini, saya percaya kalau sekolah ini maju” kalimat ke-dua beliau yang menjadi catatan dan kami aminkan.

            Perbincangan hangat di ruang kepala sekolah berlanjut pada proses tunjangan yang didapatkan oleh guru sertifikasi. Pak Saiful, kepala sekolah yang juga guru PAI dan sudah sertifikasi menjawab, ‘alhamdulillah lancar pak”. Semoga tidak terjadi penundaan pencarian. Menurut saya sebaiknya per-tiga bulan saja supaya utuh, “sambung Pak Burhannuddin” dan gelak tawapun pecah di ruangan. Untuk bulan Ramadhan cair sebelum lebaran kan ya?, “tanya Pak Juhedi”, ya pak dan bisa untuk bekal mudik ke Cirebon, “Pak Faisol Pengawas PAI kecamatan Sidoarjo ikut menggoda P.Burhanuddin yang tahun ini dapat mudik ke kampung halaman di Cirebon.

            Pak Nasrullah, ketua POKJAWAS kabupaten Sidoarjo yang mendampingi turut memberikan informasi jika keberadaan pengawas di Sidoarjo tak sebanding dengan jumlah guru PAI. Jadi jika ada sekolah yang belum dikunjungi oleh pengawas sabar dulu. Karena pengawas harus menjadwal kegiatan keliling sekolah dan tugasnya di kantor. Yang penting saling mengerti antar semua, dan jalin komunikasi yang baik. Sehingga tidak terjadi salah faham, “tambah Pak Juhedi”   

            Waktunya diskusi tentang penulisan soal-soal PAI. SD. Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo mempunnyai wadah yang memfasilitasi pembuatan soal-soal ujian agama, namanya tim MKKS ISMUBA. Adapun keberadaan soal-soal yang dibuat oleh teman-teman dari DEPAG/DINAS kabupaten akan dijadikan bahan acuan dalam pembuatan soal di MKKS ISMUBA. Pelaksanaan ujian agama di SD/MI Muhammadiyah Kabupaten Sidoarjo waktunya lebih awal. Jadi ketika Bapak Juhedi datang semua nilai sudah terkumpul.

            Sambil santai dan menikmati hidangan Pk Juhedi membaca soal-soal ISMUBA yang dibuat oleh tim MKKS Kabupaten Sidoarjo. “pembuatan soalnya sudah bagus, hurufnya jelas, dan kertasnya bersih”. “tidak ada soal yang menjebak kan?, tanya P. Juhedi”. Karena pernah ada pembuatan soal yang mencampur urusan pribadi kedalamnya, sehingga terjadi perselisihan. Hal yang seperti itu sebaiknya tidak terjadi, “nasehat beliau kepada kami”.

            Ternyata kunjungan Pak Juhedi berlanjut ke tetangga dekat, SDN. Pucanganom. Kami mengantar beliau ke SDN. Pucanganom, suasana lebaran masih kental terasa. Persabahatan dua sekolah yang terjalin sangat lama semoga tetap terbina. Bersama-sama berdampingan melahirkan generasi yang mencerdaskan bangsa dan berakhlakul karima semoga tercipta. Selamat bertugas pak Juhedi, semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan kelancaran. Aamin ya robbal alamin

By Henny Ratmawati.

Sidoarjo, 11-5-2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Perpustakaan Keliling SD Muhida Tiba di Taman Abhirama

SD MUHIDA - GLS atau gerakan loiterasi sekolah SD Muhida merupakan tim yang dibentuk dengan tujuan menyemarakkan literasi di lingkungan sekolah,...

Pulang dari Malaysia Tim Robot Muhida Oleh-oleh Empat Tropi

SD MUHIDA - Empat orang murid SD Muhida yaitu Rafardhan Athallah, M Yuki Maulana, Zuhal Abdillah Afkar dan Saka Athir Madakara yang...

Upacara Bendera HUT RI-78 : Teruskan Perjuangan Pahlawan dengan Giat Belajar

SD Muhida - SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-78 pada...

MAKASA day 2 : Bergembira di Atas Panggung

SD MUHIDA - Makasa di hari ke dua tidak kalah seru, acara dibuka di halaman sekolah oleh Bapak Saiful selaku kepala SD...

Makasa Day 1 : School Tour sambil Bermain dan Belajar Sains

SD MUHIDA - Senin, 17 Juli 2023 adalah hari pertama masuk sekolah bagi murid baru kelas 1 SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo,...