SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo

Beranda Berita Highlight Gebyar 1 Muharram 1443 Hijriyah di SD MUH1DA

Gebyar 1 Muharram 1443 Hijriyah di SD MUH1DA

SD MUH1DA – Menyambut datangnya tahun baru islam 1443 Hijriyah yang akan jatuh pada Selasa,10 Agustus 2021, SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo mengajak warga sekolah dan sekitar untuk turut memeriahkan momen spesial ini dengan mengadakan serangkaian acara pada Senin, 9 Agustus 2021 / 30 Zulhijah 1442.

Di tahun-tahun sebelum pandemi, SD Muh1da selalu menyemarakkan 1 Muharram dengan mengadakan pawai keliling, sedangkan di tahun ini dikarenakan pandemi belum juga berakhir, SD muhida tetap menyemarakkan 1 Muharram dengan merancang berbagai rangkaian kegiatan secara virtual.

Tema gebyar 1 Muharram tahun ini adalah “Dengan Semangat Hijriyah, Mari Kita Perkuat Ukhuwah dan Kepedulian Sosial Antar Sesama”

Terdapat beraneka acara yang diselenggarakan pada hari ini, yang pertama adalah mendengarkan kisah “Sejarah Hijriyah dan 1 Muharram”, tidak hanya diikuti oleh Murid, acara ini juga dimeriahkan oleh seluruh Guru, juga jajaran Karyawan SD Muh1da, acara diselenggarakan secara virtual melalui Zoom Sekolah dan dibagi dalam 3 sesi.

Pada sesi pertama yaitu kelas 1-2, acara dipandu oleh Ibu Syiva dan Pak Farukh selaku MC, diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Sang Surya, acara kemudian dibuka dengan pengantar yang disampaikan oleh Kepala SD Muh1da yaitu Bapak Saifullah Rochim, Pak Saiful menyampaikan tentang semangat hijrah Rasulullah SAW beserta sahabat yang walaupun dihadang banyak rintangan namun tetap teguh serta yakin, Pak Saiful mengajak Murid meneladani hal tersebut dengan mengaplikasikannya pada saat belajar supaya semangat dan pantang menyerah, lalu Pak Saiful mengajak Murid untuk menyimak dan mengambil hikmah dari cerita-cerita yang akan disampaikan oleh pemateri setelah ini.

Sesi pertama, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh ananda Lira Nafilah Putri, setelah itu cerita disampaikan oleh Ustadz Novan Arifianto, Ustadz Novan bercerita mengenai sejarah penetapan 1 Muharram dan Hijriyah hingga pukul 09.30 WIB, selanjutnya murid kelas 1-2 berpindah ke zoom Kelas masing-masing untuk mengikuti kegiatan yaitu menonton bersama video tentang Hijrah Rasulullah SAW dan dilanjutkan dengan mewarnai gambar 1 Muharram 1443.

Berlanjut ke sesi berikutnya yaitu kelas 3-4 yang dipandu oleh Ustadz Burhanuddin selaku MC, pembacaan Ayat Suci Al-qur’an pada sesi ini dibawakan oleh Ananda Gio Athaya Pradipta, dan penyampaian cerita sejarah 1 Muharram dan Hijriyah disampaikan oleh Ustadz Jufri Ubaid, beliau membawakan cerita hingga pukul 10.30 WIB, setelah itu murid kelas 3-4 berpindah ke zoom kelas masing-masing untuk mengikuti rangkaian acara selanjutnya yaitu menonton bersama video awal mula penetapan 1 Muharram dan Hijriyah serta dilanjutkan dengan kegiatan membuat poster ucapan selamat 1 Muharram 1443 H.

Sesi terakhir adalah kelas 5-6 yang dimulai pukul 10.30 WIB, sesi ini dibawakan oleh Ustadz Abullah Makrus selaku MC, dan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dibawakan oleh ananda Hisyam Abiyu Al-Ghifari, dan penyampaian cerita sejarah 1 Muharram disampaikan oleh Ustadz Yunan Daris ABD Mujib hingga pukul 11.45 WIB, setalah itu istirahat sholat Dzhuhur dan dilanjutkan kembali di Zoom kelas masing-masing untuk menonton bersama video sejarah penetapan 1 Muharram dan dilanjutkan dengan kegiatan mengarang cerita mengenai Hijriyah.

Bersamaan dengan itu, di halaman SD Mu1da mulai pukul 07.30 juga diselenggarakan bakti sosial yang disampaikan kepada warga sekitar lingkungan SD Muh1da yang terdampak pandemi covid-19, bakti sosial diselenggarakan untuk meneladani peristiwa 1 muharram yaitu ketika kaum anshar yang menyambut, membantu serta memberi kepada kaum muhajirin yang tiba di kota Madinah.

Alhamdulillahirobbilalamiin, dengan Rahmat Allah SWT, rangkaian acara pada hari ini dapat terselenggara dengan lancar dan meriah, semoga semangat Hijriyah sampai kepada diri kita masing-masing dan menjadikan berkah dalam menjalani sepanjang tahun ini kedepannya, Aamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

SD MUHIDA PANEN MEDALI DI OLYMPICAD 7 BANDUNG

SD MUHIDA - Suasana hari ke empat di kota Bandung di pagi...

Perpustakaan Keliling SD Muhida Tiba di Taman Abhirama

SD MUHIDA - GLS atau gerakan loiterasi sekolah SD Muhida merupakan tim yang dibentuk dengan tujuan menyemarakkan literasi di lingkungan sekolah,...

Pulang dari Malaysia Tim Robot Muhida Oleh-oleh Empat Tropi

SD MUHIDA - Empat orang murid SD Muhida yaitu Rafardhan Athallah, M Yuki Maulana, Zuhal Abdillah Afkar dan Saka Athir Madakara yang...

Upacara Bendera HUT RI-78 : Teruskan Perjuangan Pahlawan dengan Giat Belajar

SD Muhida - SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-78 pada...

MAKASA day 2 : Bergembira di Atas Panggung

SD MUHIDA - Makasa di hari ke dua tidak kalah seru, acara dibuka di halaman sekolah oleh Bapak Saiful selaku kepala SD...