SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo

Beranda Berita Kegiatan Serunya Murid Kelas 2 Membuat Pop-up Book

Serunya Murid Kelas 2 Membuat Pop-up Book

SD MUH1DAHappy Friday Creative/HFC adalah kegiatan pembelajaran seru setiap hari Jumat yang dilakukan oleh murid-murid kelas 2, HFC diadakan sebagai bentuk implementasi dari konsep joyful and meaningful learning yang diangkat oleh SD Muh1da, banyak hal-hal kreatif dan menyenangkan yang selalu dinantikan oleh murid di Happy Friday Creative, pada Jumat ini (26/22021), kegiatan HFC yang dilakukan murid kelas 2 adalah membuat kreasi Pop-up Book.

Pop-up book/ Pop-up card merupakan kartu ucapan yang apabila dibuka akan memunculkan suatu objek timbul (tiga dimensi). Apabila kartu ditutup, maka secara tiba-tiba objek yang muncul tadi hilang tenggelam di dalam lipatan kartu.

MENYIAPKAN BAHAN-BAHAN

Sebelum memulai membuatnya, guru memandu murid tentang bahan-bahan apa saja yang harus disiapkan untuk kegiatan kali ini, bahan-bahannya diantaranya :

  1. Kertas bufalo 2 lembar, warna cerah dan gelap
  2. Lem kertas
  3. Gunting/Cutter
  4. Hiasan bebas (kertas kado, kertas lipat, pita atau pernak pernik apa saja.

Semua bahan sudah siap, murid-murid juga sudah siap di hadapan layar kelas virtual menunggu intruksi selanjutnya dari guru mereka, guru mulai menandu langkah demi langkah untuk membuat karya pop-up book ini, murid-murid mengikuti dengan seksama.

Setalah asik mengerjakan beberapa saat, satu persatu murid mulai menyelesaikan hasil karya mereka, sudah tampak di layar kelas virtual beberapa murid yang memamerkan hasil karya mereka, bagus-bagus dan beraneka warna.

MENULISKAN RENCANA KEGIATAN RAMADHAN

Setelah pop-up book mereka sudah jadi, guru meminta mereka untuk menuliskan beberapa poin tentang kegiatan apa saja yang rencananya akan mereka lakukan bila bulan Ramadhan tiba beberapa minggu lagi, mereka menuliskan rencana Ramadhan mereka seperti mengaji, tarawih, berbuka bersama keluarga, sahur bersama keluarga dan masih banyak lagi macamnya. Pop-up book tersebut mereka simpan sebagai pengingat atas rencana kegiatan mereka apabila nanti Ramadhan sudah tiba.

SD MUH1DA – THE WELLBEING SCHOOL
SD MUH1DA – ISLAMI, MANDIRI, BERBUDI, BERPRESTASI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

SD MUHIDA PANEN MEDALI DI OLYMPICAD 7 BANDUNG

SD MUHIDA - Suasana hari ke empat di kota Bandung di pagi...

Perpustakaan Keliling SD Muhida Tiba di Taman Abhirama

SD MUHIDA - GLS atau gerakan loiterasi sekolah SD Muhida merupakan tim yang dibentuk dengan tujuan menyemarakkan literasi di lingkungan sekolah,...

Pulang dari Malaysia Tim Robot Muhida Oleh-oleh Empat Tropi

SD MUHIDA - Empat orang murid SD Muhida yaitu Rafardhan Athallah, M Yuki Maulana, Zuhal Abdillah Afkar dan Saka Athir Madakara yang...

Upacara Bendera HUT RI-78 : Teruskan Perjuangan Pahlawan dengan Giat Belajar

SD Muhida - SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-78 pada...

MAKASA day 2 : Bergembira di Atas Panggung

SD MUHIDA - Makasa di hari ke dua tidak kalah seru, acara dibuka di halaman sekolah oleh Bapak Saiful selaku kepala SD...