SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo

Beranda Berita Kegiatan Praktikum Seru : Kalor Ternyata Merubah Bentuk Benda Lohh..

Praktikum Seru : Kalor Ternyata Merubah Bentuk Benda Lohh..

SD MUH1DA – Banyak pembelajaran jarak jauh seru di SD Muh1da setiap harinya, setiap jenjang kelas mendapatkan tantangan pembelajaran yang berbeda-beda dari guru mereka, seperti pada jenjang kelas 5, murid ditantang guru mereka untuk melakukan eksperimen sains tentang pembuktian bisakah kalor mengubah bentuk benda?

Kalor adalah energi yang bisa berpindah dari satu benda ke benda lainnya,umumnya kalor berpindah dari benda bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu rendah, dengan mempelajari kalor, murid dapat mengetahui sebab perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-sehari.

Menurut Bu Shofi wali kelas 5 Abu “Pembelajaran di masa pandemi seperti ini tidak menyurutkan semangat anak-anak untuk tetap semangat belajar dari rumah, mereka bisa melakukan praktik percobaan perubahan wujud benda dengan dibantu orang tua yang mana kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan yang bisa meningkatkan bonding antara orang tua dan anak”

“Banyak peristiwa di sekitar kita yang menunjukkan perubahan wujud benda karena kalor, yuk… kita amati perubahan wujud benda dengan melakukan percobaan memanaskan mentega diatas api lilin, amati apa yang akan terjadi ya..?”, tutur Bu Wiwin wali kelas 5 Utsman kepada murid-muridnya lewat kelas virtual.

Contoh eksperimen yang akan dilakukan oleh murid kelas 5 kali ini adalah melelehkan mentega di atas api, dengan lilin sebagai penghasil kalor, sendok sebagai konduktor dan mentega sebagai objeknya.

Mereka diminta mengamati perubahan bentuk benda, kemudian menceritakan apa yang terjadi. Ternyata tak begitu lama ketika mentega di taruh di atas api, mentega menjadi leleh kemudian mendidih, “Maka, mentega yang tadinya merupakan sebuah benda padat, sekarang berubah menjadi benda cair, itu artinya kalor bisa mempengaruhi perubahan bentuk benda” jelas Bu intan wali kelas 5 Umar.

Setelah eksperimen selesai, murid diminta untuk mengisi lembar praktikum sebagai hasil dari eksperimen mereka. Alhamdulillah sekarang kita jadi tahu mengapa es krim juga bisa meleleh, ohh ternyata itu bisa terjadi karena perpindahan kalor.

“Belajar sains itu seru dan menyenangkan, karena sains terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari, seperti praktikum ini contohnya” tutur Bu Umu wli kelas 5 Hamzah.

Bu Zahroh wali kelas 5 Ali berkomenar, “Sebagai guru kami berharap dengan anak-anak melakukan praktikum perubahan wujud benda, anak-anak dapat mengetahui secara langsung tidak hanya secara teori, tetapi dalam kehidupan sehari-hari mereka dapat mengaplikan pada kehidupan nyata. Sehingga ilmu yang mereka dapatkan mudah untuk dipahami karena mereka terlibat secara langsung dalam praktek tersebut”.

“Nah, anak-anak, kita sudah mempelajari tentang menyublim, perpindahan panas secara konduksi dan konveksi, Ayo anak-anaku, jadikanlah pandemi penyemangat meraih sukses! “ tutur Pak Pri wali kelas 5 Khalid.

Seru sekali bukan praktikum kali ini.., tetap semangat belajar dan nantikan pembelajaran-pembelajaran seru selanjutnya dari Bapak/Ibu Guru Muh1da yaa.

SD MUH1DA – THE WELLBEING SCHOOL
SD MUH1DA – ISLAMI, MANDIRI, BERBUDI, BERPRESTASI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

SD MUHIDA PANEN MEDALI DI OLYMPICAD 7 BANDUNG

SD MUHIDA - Suasana hari ke empat di kota Bandung di pagi...

Perpustakaan Keliling SD Muhida Tiba di Taman Abhirama

SD MUHIDA - GLS atau gerakan loiterasi sekolah SD Muhida merupakan tim yang dibentuk dengan tujuan menyemarakkan literasi di lingkungan sekolah,...

Pulang dari Malaysia Tim Robot Muhida Oleh-oleh Empat Tropi

SD MUHIDA - Empat orang murid SD Muhida yaitu Rafardhan Athallah, M Yuki Maulana, Zuhal Abdillah Afkar dan Saka Athir Madakara yang...

Upacara Bendera HUT RI-78 : Teruskan Perjuangan Pahlawan dengan Giat Belajar

SD Muhida - SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-78 pada...

MAKASA day 2 : Bergembira di Atas Panggung

SD MUHIDA - Makasa di hari ke dua tidak kalah seru, acara dibuka di halaman sekolah oleh Bapak Saiful selaku kepala SD...