SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo

Beranda Berita Kegiatan PJJ Minggu Ke-3 Muhida : Siswa Semakin Kreatif dan Inovatif

PJJ Minggu Ke-3 Muhida : Siswa Semakin Kreatif dan Inovatif

SIDOARJO – Pembelajaran jarak jauh di SD Muhammadiyah 1 Pucang Anom Sidoarjo (MUHIDA) telah memasuki minggu yang ke tiga. PJJ yang dilakukan oleh guru bersama siswa selama tiga minggu ini berlangsung teratur, baik serta positif, bahkan memasuki minggu yang ke tiga ini, siswa menjadi semakin kreatif dan inovatif. Siswa melakukan beragam aktivitas yang menguji ketangkasan dan kreatifitas mereka, dari beberapa pembelajaran yang diberikan oleh guru tersebut terdapat dua materi yang paling menarik antusias siswa dalam mengerjakannya, diantaranya yaitu merangkai kereta mainan bertenaga angin dan membuat hidangan minuman/makanan sehat untuk keluarga.

Pada proyek merancang kereta mainan bertenaga angin, siswa ditugaskan untuk mengumpulkan berbagai barang yang tak terpakai seperti kotak kardus bekas, tutup botol bekas dan lainnya, selain itu, siswa juga diminta menyiapkan peralatan seperti gunting, lem dan sebagainya, kemudian siswa diminta untuk berkreasi merangkai bentuk kereta sebaik mungkin dan kemudian menghiasnya. Hasil yang didapat adalah, mereka berhasil merakit kereta mainan tersebut dengan berbagai model dan bentuk variasi yang unik-unik, berikut adalah video keseruan mereka dalam mempraktekkan proyek merakit kereta mainan bertenaga angin :

Dalam materi pembelajaran ini siswa diajarkan beberapa hal penting, yaitu untuk memanfaatkan dan mendaur ulang barang-barang tak terpakai yang masih bisa digunakan sehingga dapat mengurangi polusi sampah di lingkungan rumah, selain itu siswa juga diajarkan tentntang faktor penggerak suatu benda salah satunya yaitu udara bergerak atau disebut angin, dan faktor-faktor gerak benda oleh angin ternyata juga dipengaruhi oleh beberapa hal lainnya diantaranya yaitu berat suatu benda, bentuk suatu benda serta luas permukaan suatu benda.

Selanjutnya adalah materi pembelajaran yang tak kalah serunya, yaitu membuat hidangan makanan/minuman sehat untuk keluarga, siswa diminta untuk mempelajari bahan-bahan makanan apa saja yang memiliki khasiat menjaga kesehatan tubuh, kemudian, dengan pendampingan orang tua, mereka mempraktekkan bagaimana cara mengolah bahan-bahan tersebut menjadi sesuatu yang dapat dikonsumsi seperti makanan/minuman, berikut beberapa dokumentasi keseruan koki-koki cilik SD Muhida dalam membuat hidangan sehat :

Materi pembelajaran ini membuat siswa mempelajari manfaat dan khasiat dari tiap-tiap bahan makanan yang telah mereka gunakan untuk kesehatan, dan membuat mereka memahami pentingnya mengkonsumsi makanan dan minuman yang baik dan sehat untuk menjaga kondisi tubuh dalam kondisi seperti saat ini, dan tentunya dengan dampingan orang tua, siswa menjadi belajar bagaimana proses pengolahan bahan-bahan tersebut hingga mejadi sesuatu yang dapat dikonsumsi.

Selain materi-materi pembelajaran tadi, ada juga beberapa materi pembelajaran lainnya seperti membuat video wawancara, siswa diminta untuk mempraktekkan sesi wawancara atau tanya jawab bersama orang tua dan divideokan, siswa bertindak sebagai host dan orang tua sebagai narasumber, melalui materi ini siswa diajarkan dan dilatih ilmu jurnalistik yaitu bagaimana teknik mengolah verbal serta cara menulis pertanyaan dan pernyataan yang baik dan benar, serta untuk melatih kepercayaan diri tampil didepan umum, seperti yang diperlihatkan pada video wawancara Dewa bersama ibunya di bawah ini.

Semoga dengan materi-materi pembelajaran jarak jauh yang diberikan oleh para guru Muhida kepada siswanya ini menjadi sebuah ikhtiar yang positif, serta benar-benar dapat memberi kemajuan dalam hal pengembangan life skills dan pengetahuan siswa, dan semoga dapat tetap menjaga semangat siswa untuk terus belajar dan menyimak pembelajaran yang disampaikan Bapak/Ibu guru setiap harinya dengan belajar dari rumah.

SD MUHIDA – THE WELLBEING SCHOOL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

SD MUHIDA PANEN MEDALI DI OLYMPICAD 7 BANDUNG

SD MUHIDA - Suasana hari ke empat di kota Bandung di pagi...

Perpustakaan Keliling SD Muhida Tiba di Taman Abhirama

SD MUHIDA - GLS atau gerakan loiterasi sekolah SD Muhida merupakan tim yang dibentuk dengan tujuan menyemarakkan literasi di lingkungan sekolah,...

Pulang dari Malaysia Tim Robot Muhida Oleh-oleh Empat Tropi

SD MUHIDA - Empat orang murid SD Muhida yaitu Rafardhan Athallah, M Yuki Maulana, Zuhal Abdillah Afkar dan Saka Athir Madakara yang...

Upacara Bendera HUT RI-78 : Teruskan Perjuangan Pahlawan dengan Giat Belajar

SD Muhida - SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-78 pada...

MAKASA day 2 : Bergembira di Atas Panggung

SD MUHIDA - Makasa di hari ke dua tidak kalah seru, acara dibuka di halaman sekolah oleh Bapak Saiful selaku kepala SD...