SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo

Beranda Berita Highlight Pelepasan Kelas Enam 2021-2022 : Lulusan Yang Patut dibanggakan

Pelepasan Kelas Enam 2021-2022 : Lulusan Yang Patut dibanggakan

SD MUHIDA – Sabtu, 04 Juni 2022, SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo menyelenggarakan Pelepasan Murid-murid kelas 6 tahun ajaran 2021-2022. Sebanyak 235 wisudawan hadir di Auditorium Mas Mansyur SD Muhida dalam tiga sesi.

Pada sambutannya, Kepala SD Muhida Bapak Saifullah Rochim menyampaikan ucapan terimakasih kepada wali pendamping wisuda yang hadir.

“Alhamdulillah, 6 tahun telah berlalu,terimakasih kepada walmur yg tlah mempercayakan putra-putrinya kepada kami, dan mohon maaf, apabila kami dalam mengemban amanah ini terdapat kekurangan yg kurang berkenan.” ucap beliau.

Dalam kesempatan itu Pak Saiful sekaligus menyampaikan kepada komite dan wali murid tentang capaian-capaian SD Muhida tahun ini, laporan ini berdasarkan rapor sekolah yg dikeluarkan oleh kementerian pendidikan yan nilainya diambil dari hasil Asesmen nasional (AN). “Rapor ini menjadi gambaran konkret pendidikan di sd muhida di tahun ajaran 2021-2022” tegas Pak Saiful.

Beliau menyampaikan data-data sebagai berikut :

Pada hasil belajar peserta didik, hasil kemampuan literasinya menunjukan angka 56,67% mahir, 43,33 % Cakap, 0% mendasar dan 0% perlu intervensi.
Dengan indeks kemampuan literasi kita adalah 2.57, yang artinya jauh diatas indeks rata-rata nasional yaitu 1.71.

Hasil ini berbanding lurus dengan pencapaian sekolah kita tahun ini yang berhasil mendapatkan Anugerah Literasi Sidoarjo, anugrah ini menyatakan kita sekolah terbaik literasinya se Sidoarjo, selain itu tahun ini kita juga mendapatkan penghargaan sebagai Sekolah dengan kegiatan literasi teraktif nasional.

Begitu juga untuk hasil numerasinya, sekolah kita juga diatas rata-rata nasional dengan angka 10% Mahir, 70% cakap,20% mendasar dan 0% perlu intervensi. dan indeks numerasi kita sebesar 2.00, yang artinya juga diatas rata-rata nasional yang sebesar 1,57.

Selanjutnya pada poin kualitas pembelajaran, SD Muhida mendapat nilai 2.18, dari rata-rata nasional sebesar 1.91, artinya kualitas pembelajaran kita berkualitas dan inovatif.

Sedangkan pada poin indeks refleksi guru, kita mendapatkan nilai maksimal sebesar 3.00, dari indeks rata-rata nasional 1.98, artinya guru-guru kita senantiasa ber refleksi dan evaluasi terhadap cara-cara mengajarnya.

Dan poin yang paling penting adalah pemanfaatan TIK, kita mendapatkan nilai maksimal yaitu 100.00 dari rata-rata nasional 11.02. tentu ini sesuai dengan tagline Muhida yaitu Islamic and Digital School, dimana untuk empat tahun kedepan akan terus kami kembangkan pemanfaatan teknologi informasi didalam pembelajaran dan adminitrasi sekolah.

“Alhamdulillah, lulusan tahun ini sangat bisa kita banggakan,
dari 235 siswa yang di wisuda hari ini, 17% dari mereka adalah anak-anak berprestasi dari tingkat daerah hingga internasional. 1 anak meraih prestasi internasional, 9 anak meraih prestasi nasional, 1 anak berprestasi ditingkat propinsi, dan 28 anak berprestasi di tingkat kabupaten, semoga tetap bisa berprestasi di jenjang selanjutnya.” ucap Pak Saiful.

Sebagai penutup, Pak Saiful menyampaikan pesan-pesan kepada wisudawan,

“Pesan Pak Saiful kepada kalian anak-anakku, pertama jangan sampai lepas sholat dan bacaan Qur’an kalian, hormati orang tua dan ingat selalu nasihat yang diberikan guru-guru kalian.

lalu bersungguh-sungguhlah dalam menuntut ilmu, karena dengan ilmulah kalian akan sukses dunia akhirat, jangan jadi anak manja, bekerja keraslah yang tekun hingga dapat berprestasi.

Dan yang terpenting jaga akhlak, Rasulullah SAW diutus ke dunia tidak lain hanya untuk memperbaiki akhlak manusia.

Yang terakhir pesan Pak Saiful, jadi apapun kalian kelak, jendral doktor ataupun insinyur, ingatlah selalu kalian berasal dari SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo, jangan lupa kembalilah ke Muhammadiyah. ” Tutur beliau.

Alhamdulillah, selamat atas kelulusan kalian semua, semoga ilmu yang telah kalian emban selama 6 tahun di SD Muhida menjadi berkah dan manfaat bagi kehidupan kalian kelak di luar sana, jadilah muslim dan muslimah yang semakin pandai di jenjang-jenjang pendidikan selanjutnya.

SD MUH1DA – Gali Potensi, Raih Prestasi

1 KOMENTAR

  1. Alhamdulillah, selamat bagi seluruh wisudawan SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo, semoga setelah lulus dari sini semakin berprestasi, jadilah yang terbaik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Pulang dari Malaysia Tim Robot Muhida Oleh-oleh Empat Tropi

SD MUHIDA - Empat orang murid SD Muhida yaitu Rafardhan Athallah, M Yuki Maulana, Zuhal Abdillah Afkar dan Saka Athir Madakara yang...

Upacara Bendera HUT RI-78 : Teruskan Perjuangan Pahlawan dengan Giat Belajar

SD Muhida - SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-78 pada...

MAKASA day 2 : Bergembira di Atas Panggung

SD MUHIDA - Makasa di hari ke dua tidak kalah seru, acara dibuka di halaman sekolah oleh Bapak Saiful selaku kepala SD...

Makasa Day 1 : School Tour sambil Bermain dan Belajar Sains

SD MUHIDA - Senin, 17 Juli 2023 adalah hari pertama masuk sekolah bagi murid baru kelas 1 SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo,...

Tim Robotika SD Muhida Juarai Kompetisi Internasional Mate Rov

SD MUHIDA - Pada kejuaraan robot bawah air tingkat internasional bertajuk Materov robot kompetition yang diselenggarakan oleh sekolah robot Indonesia pada 6-7...