SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo

Beranda Berita Highlight Rayakan Literasi di GEBYAR BULAN BAHASA 2021

Rayakan Literasi di GEBYAR BULAN BAHASA 2021

SD MUH1DA – Sidoarjo, Sabtu 23 Oktober 2021, SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo/ SD Muh1da menggelar acara puncak dari rangkaian kegiatan bulan bahasa 2021 yaitu Gebyar Bulan Bahasa.

Rangkaian bulan bahasa 2021 sudah dimulai sejak 18 Oktober lalu, sejak itu, sudah berbagai rangkaian kegiatan yang digelar seperti lomba menulis siswa, lomba pidato siswa empat bahasa, kelas inspirasi/ orang tua mengajar, dan ditutup dengan acara hari ini bertempat di Auditorium Mas Mansyur SD Muh1da.

Bupati Sidoarjo, Bapak H. Ahmad Muhdlor Ali, S.I.P yang sejatinya hadir hari ini berhalangan dan diwakilkan oleh Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan Sidoarjo yaitu Bapak Dr.Tirto Adi, M.Pd.

“Ini merupakan tugas saya yang pertama setelah dilantik Bapak Bupati sebagai Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan sidoarjo”, tutur koordinator gerakan budaya literasi Sidoarjo ini membuka sambutannya. Seperti yang kita ketahui, Pak Tirto baru saja dilantik sebagai Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan Sidoarjo pada 21 Oktober lalu.

“Agenda tahunan menyambut bulan bahasa ini merupakan sesuatu yang menarik, belum banyak sekolah di Sidoarjo yang mengadopsinya, sehingga perlu kita imbaskan ke sekolah-sekolah lainnya.” tutur beliau.

“Bapak menteri juga harus mengetahui betapa bergeliatnya literasi di Sidoarjo ini, kami di dinas pendidikan dan kebudayaan akan menggelar rapat marathon untuk segera bergerak mengapresiasi geliat literasi di Sekolah yang sangat bagus ini, Insyaallah nanti kami akan memberikan penganugrahan literasi baik secara individu maupun lembaga”, tambah Ketua bidang diklat Himpunan Pembina Bahasa Indonesia Jawa Timur ini.

Di akhir sambutannya, beliau membuka secara simbolis acara Gebyar Bulan Bahasa hari ini, selain itu, kami juga mengundang Bapak Moh. Samsul Hidayat, S.Pd., M.Si. selaku pengawas sekolah kecamatan Sidoarjo.

Acara dilanjutkan dengan launching beberapa produk literasi SD Muh1da, diantaranya Walidah E-Library, Muh1da Podcast, Kumpulan Antologi Siswa dan Muh1da belajar, pengenalan produk-produk tersebut dibawakan secara drama musikal oleh siswa dan Guru SD Muh1da.

Produk-produk literasi terbaru SD Muh1da tersebut akhirnya diresmikan diatas panggung oleh Pak Tirto dan juga Pak Samsul, “Dorr…Dorr..”, suara konfeti yang di tembakkan beliau berdua ke udara, diiringi tepuk tangan meriah dari audiens menandakan program-program tersebut telah sah diluncurkan.


Acara dilanjutkan dengan beberapa penampilan menarik diantaranya, pidato empat bahasa, Guru bercerita, dan Story teling yang diiringi musik perkusi.


Terakhir ditutup dengan sesi pengumuman dan penyerahan penghargaan kepada pemenang lomba bulan bahasa.

Alhamdulillahirobbilalamiin, atas ridho Allah SWT acara hari ini berjalan dengan lancar dan meriah, semoga bulan bahasa tahun ini berkesan di hati seluruh peserta, panitia, serta undangan. Sampai bertemu lagi di bulan bahasa tahun depan, SALAM LITERASI.

SD MUH1DA – GALI POTENSI, RAIH PRESTASI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Perpustakaan Keliling SD Muhida Tiba di Taman Abhirama

SD MUHIDA - GLS atau gerakan loiterasi sekolah SD Muhida merupakan tim yang dibentuk dengan tujuan menyemarakkan literasi di lingkungan sekolah,...

Pulang dari Malaysia Tim Robot Muhida Oleh-oleh Empat Tropi

SD MUHIDA - Empat orang murid SD Muhida yaitu Rafardhan Athallah, M Yuki Maulana, Zuhal Abdillah Afkar dan Saka Athir Madakara yang...

Upacara Bendera HUT RI-78 : Teruskan Perjuangan Pahlawan dengan Giat Belajar

SD Muhida - SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-78 pada...

MAKASA day 2 : Bergembira di Atas Panggung

SD MUHIDA - Makasa di hari ke dua tidak kalah seru, acara dibuka di halaman sekolah oleh Bapak Saiful selaku kepala SD...

Makasa Day 1 : School Tour sambil Bermain dan Belajar Sains

SD MUHIDA - Senin, 17 Juli 2023 adalah hari pertama masuk sekolah bagi murid baru kelas 1 SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo,...