SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo

Beranda Berita Kegiatan BIK Kelas 5 : Memahami Sholat Fardhu Jama' & Qosor

BIK Kelas 5 : Memahami Sholat Fardhu Jama’ & Qosor

SD MUH1DA – Murid kelas 5 SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo melaksanakan kegiatan bina iman dan keislaman (BIK) virtual pada Sabtu hingga Ahad. Kegiatan dibawah naungan Kaur Ismuba ini rutin dilaksanakan setiap semester dan di bagi menjadi dua kali sesi, yakni sesi putri 13-14 Februari 2021 dan sesi putra 20-21 Februari 2021.

Tujuan dilaksanakannya BIK Kelas 5

  1. Untuk mengetahui capaian pemahaman materi keislaman murid selama satu semester.
  2. Anak memahami bagaimana pelaksanaan sholat di berbagai kondisi.
  3. Membiasakan anak bangun malam untuk Tahajud.
  4. Membiasakan anak bangun Shubuh.

DIGELAR SECARA DARING

Kegiatan BIK normalnya diselenggarakan dengan bermalam di sekolah, pada masa pandemi saat ini BIK tetap dilaksanakan dengan metode daring. Murid mengikuti berbagai rangkaian kegiatan keislaman melalui kelas virtual premium yang disediakan oleh sekolah, terdapat dua macam kelas virtual, yaitu kelas virtual besar yang digunakan seluruh murid untuk mengikuti pembukaan, tausiyah dan lainnya, sedangkan kelas kecil digunakan untuk menyampaikan materi kepada murid dalam kelompok-kelompok kecil.

Digelar secara daring tidak mengurangi kekhusyu’an murid dalam menjalani berbagai rangkaian kegiatan keislaman, guru pendamping selalu memandu dan mengawasi secara intensif setiap murid melalui kelas virtual sepanjang kegiatan berlangsung.

RANGKAIAN KEGIATAN

Rangkaian kegiatan BIK virtual dimulai hari sabtu pukul 14.30 WIB, Bapak Saifullah Rochim selaku Kepala SD Muh1da menyampaikan pembukaan, setelah itu dilanjutkan oleh Bapak Suhairi selaku Kaur Ismuba yang menyampaikan materi awal pada BIK kali ini, selanjutnya disambung dengan sholat Ashar di rumah masing-masing pukul 15.10 WIB.

Pukul 15.30, peserta dibagi kedalam kelompok dan memasuki kelas virtual kecil untuk mendapatkan materi utama, materi utama yang disampaikan pada BIK kelas 5 kali ini adalah tentang tata cara sholat di berbagai kondisi (Jama’ Takdim, Jama’ Ta’khir dan Jama’ Qosor), diharapkan dengan mendalami tentang materi ini, murid memahami bahwa holat Fardhu itu mudah dan dimudahkan dalam menjalankannya meski dalam kondisi apapun, sebagai salah satu bentuk kasih sayang Allah agar tidak memberatkan hambanya yang sholeh dengan aturan-atutran Nya.

BIK Kelas 5 Sesi Putri

Setelah materi tuntas, siswa mendapatkan waktu istirahat, dan akan online kembali pada pukul 03.00 untuk mengikuti tausiyah dini hari yang disampaikan oleh Bpk Ikhsan, dan dilanjutkan dengan praktik sholat tahajud yang dipantau oleh guru pendamping melalui layar kelas virtual, seusai melaksanakan sholat tahajud, pesan dan kesan selama BIK disampaikan oleh wali kelas masing-masing.

Sembari menantikan Adzan Shubuh, murid-murid diajak bermurajaah juz 30 bersama tim BIK, kegiatan BIK ditutup dengan menunaikan shalat Shubuh di rumah masing-masing.

BIK Kelas 5 Sesi Putra

Alhamdulillahirobbilalamiin, kegiatan BIK kelas 5 berjalan dengan khusyu dan bermakna, harapannya kegiatan ini dapat menanamkan ilmu yang akan terus diingat oleh murid-murid sepanjang hayat, dan semoga kegiatan BIK virtual ini dapat dilaksanakan rutin tiap semester, dan terlebih lagi semoga pandemi segera berakhir agar kegiatan BIK ini bisa diselenggarakan dengan semestinya, Aamiin.

SD MUH1DA – THE WELLBEING SCHOOL
SD MUH1DA – ISLAMI, MANDIRI, BERBUDI, BERPRESTASI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

SD MUHIDA PANEN MEDALI DI OLYMPICAD 7 BANDUNG

SD MUHIDA - Suasana hari ke empat di kota Bandung di pagi...

Perpustakaan Keliling SD Muhida Tiba di Taman Abhirama

SD MUHIDA - GLS atau gerakan loiterasi sekolah SD Muhida merupakan tim yang dibentuk dengan tujuan menyemarakkan literasi di lingkungan sekolah,...

Pulang dari Malaysia Tim Robot Muhida Oleh-oleh Empat Tropi

SD MUHIDA - Empat orang murid SD Muhida yaitu Rafardhan Athallah, M Yuki Maulana, Zuhal Abdillah Afkar dan Saka Athir Madakara yang...

Upacara Bendera HUT RI-78 : Teruskan Perjuangan Pahlawan dengan Giat Belajar

SD Muhida - SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-78 pada...

MAKASA day 2 : Bergembira di Atas Panggung

SD MUHIDA - Makasa di hari ke dua tidak kalah seru, acara dibuka di halaman sekolah oleh Bapak Saiful selaku kepala SD...