SIDOARJO – Hingga bulan Juni ini kondisi dunia masih belum reda dari pandemi Covid-19, mengingat keselamatan dari siswa-siswi adalah hal yang paling utama, SD Muhida dalam menyampaikan pembelajarannya masih akan tetap menggunakan metode pembelajaran jarak jauh yang berhubungan dengan life skills, hingga nanti kondisi sudah ditetapkan benar-benar aman untuk membuka sekolah.
Dalam PJJ bulan juni ini terdapat banyak variasi tugas yang diberikan oleh guru-guru SD Muhida, salahsatunya siswa-siswi kelas 1 ini yang diberikan tugas oleh gurunya untuk membantu orang tua di rumah, beribadah dengan rajin dan membuat catatan mainan apa saja yang mereka miliki di rumah mereka, tugas-tugas ini diberikan dengan harapan dapat meningkatkan rasa tanggungjawab bagi siswa-siswi.
Sama halnya dengan siswa-siswi kelas 1, siswa-siswi di kelas 2 juga mendapatkan tugas dari guru-gurunya untuk membantu pekerjaan orang tua di rumah dan mengaji, di samping itu mereka juga mengerjakan tugas lainnya yang mengasah kreatifitas, yaitu membuat kreasi dari barang-barang yang tak terpakai, ada yang membuat roket dari botol bekas, ada yang membuat pesawat dari botol bekas, ada pula yang membuat mainan atm dari kardus bekas yang bisa digunakan untuk wadah menabung. Good job untuk kreatifitas kalian !
Siswa-siswi kelas 3 juga sama kreatifnya, mereka mengerjakan tugas membuat kreasi kotak tisu dan kotak pensil dari barang-barang tak terpakai, hasilnya adalah kotak tisu dan kotak pensil yang indah dengan hiasan warna-warni yang lucu di atasnya, tugas lainnya yang dikerjakan siswa kelas 3 adalah membuat kreasi makanan favorit mereka, ada yang membuat roti isi, pisang keju, kue bolu hingga hamburger, dan lainnya. Wahh.. berbakat sekali yaa, koki-koki cilik kita ini.
Variasi tugas PJJ lainnya diberikan oleh guru-guru kelas 4, siswa-siswi kelas 4 ditugaskan untuk membuat rekaman video membaca nyaring, mereka diminta untuk memilih sebuah cerita berupa cerita anak atau cerita islami, kemudian dibacakan dengan suara lantang dengan tata cara membaca yang baik dan benar secara intonasi dan tanda baca. Tugas lainnya untuk kelas 4 adalah melukis dengan tema keluarga inti, berikut hasil lukisan dari mereka yang keren-keren :
Beda lagi dengan siswa-siswi kelas 5, mereka tugaskan oleh gurunya untuk membuat video blog (vlog), untuk melatih kepercayaan diri mereka, mereka harus bergaya layaknya vloger profesional di depan kamera, ada yang membuat video kegiatan sehari-hari, ada juga yang membuat video tutorial, seperti tutorial membuat animasi, tutorial membuat kartu ucapan ulang tahun dan tutorial memasak kue, selain itu mereka juga mengunggah video mereka itu di kanal youtube mereka masing-masing, waah, hebat !, semoga kalian bisa menjadi youtuber yang sukses di masa mendatang.
Itulah beberapa pembelajaran jarak jauh berbasis life skills yang dikerjakan oleh siswa-siswi SD Muhida. Untuk kedepannya, SD Muhida tengah berikhtiar untuk meningkatkan metode pembelajaran jarak jauh untuk siswa, SD Muhida sedang mengembangkan LMS (Learning Management System) yaitu “Muhida Belajar”, yang akan memungkinkan siswa-siswi dan wali kelas dapat bertatap muka secara virtual dan melakukan pembelajaran interaktif serta realtime layaknya di dalam kelas reguler, SD Muhida mohon doa dari semua pihak agar ikhtiar kami ini dimudahkan oleh Allah SWT.
Tak lupa, mari kita juga saling mendoakan agar kita selalu dilimpahkan kesehatan dan kemudahan oleh Allah SWT, sehingga kita dapat senantiasa maksimal dalam berikhtiar dalam kebaikan, Aamiin yaa Robbalalamiin…
SD MUHIDA -THE WELLBEING SCHOOL