SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo

Beranda Berita Kegiatan Mengajarkan Keberagaman Indonesia Dalam Kehidupan Nyata, Kelas 4

Mengajarkan Keberagaman Indonesia Dalam Kehidupan Nyata, Kelas 4

Rabu, 4 Maret 2020, SD Muhammadiyah 1 Pucang Anom Sidoarjo menyelenggarakan acara pembelajaran kebudayaan Indonesia untuk siswa-siswi kelas 4, acara ini bertajuk “Mengajarkan Keberagaman Indonesia Dalam Kehidupan Nyata”, siswa-siswi diajarkan keberagaman budaya Indonesia melalui kegiatan mengamati pakaian dan rumah adat dari beberapa provinsi di Indonesia, serta menampilkan pementasan tarian-tarian tradisional, dalam kegiatan ini, seluruh siswa-siswi kelas 4 Muhida mengikuti kegiatan dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah. Acara dimulai pukul 07.00, bertempat di halaman sekolah dan aula Mas Mansyur SD Muhida.

Kegiatan pertama adalah mengamati rumah adat dalam bentuk miniatur, panitia menyediakan beberapa miniatur rumah adat dari berbagai provinsi di Indonesia, lalu siswa-siswi secara bergiliran diminta mengamati dan mencatat apa saja ciri-ciri khusus yang mereka temukan/lihat pada setiap rumah adat, selain bertujuan untik mengenalkan rumah adat, kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih kekuatan analisa dari siswa-siswi, mereka dengan antusias mengamati dan berdiskusi bersama kelompoknya.

Kemudian setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan mengamati pakaian adat dari berbagai daerah, siswa-siswi secara bergiliran diminta mengamati pakaian adat yang dikenakan oleh teman-temannya, seperti halnya mengamati rumah adat, mereka juga diminta menganalisa dan mencatat apa detail dan keunikan dari masing-masing pakaian adat, mereka mengenakan pakaian adat dari banyak daerah di indonesia, mulai dari pakaian adat sumatera utara, Jawa, Kalimantan, Bali, Hingga Papua.

Setelah itu adalah acara pamungkas, yaitu pementasan tari tradisional yang dibawakan oleh siswa-siswi kelas 4 Muhida, ada 4 jenis tarian yang dipentaskan hari ini, yaitu tarian Suwe Ora Jamu dari Jawa Tengah, tari Saman dari Sumatera Utara, tari Jaranan dari Jawa Timur, dan tari Yamko Rambe Yamko dari Papua Barat.

Yang pertama adalah tarian Suwe Ora Jamu, berikut putra-putri kelas 4 Muhida menampilkan tarian ini dengan keriangan mereka.

Yang kedua adalah peformence tari saman asal Sumatera Utara yang dibawakan begitu kompak oleh siswa-siswi kelas 4 Muhida.

Selanjutnya saatnya tarian tradisional khas Jawa timur yang akan dibawakan oleh siswa-siswi kelas 4 Muhida, yaitu tari Jaranan.

Dan tari persembahan terakhir adalah tarian yang paling meriah, yaitu tari Yamko Rambe Yamko, siswa-siswi sangat semangat dan sangat lincah ketika menampilkan tarian, dan semua asal Papua barat ini, dan seluruh penonton turut menyanyikan laagu ini dengan semarak.

Itulah tadi ragam kegiatan Pengajaran Keberagaman Indonesia Dalam Kehidupan Nyata untuk kelas 4 SD Muhida, semoga dengan diselenggarakannya kegiatan ini hari ini dapat menjadikan putra-putri SD Muhida lebih mengenali lagi lebih banyak budaya-budaya tradisional di indonesia selain daerahnya sendiri, dan semoga dapat menjadikan manfaat untuk kedepannya.

Saksikan keseruan acara ini secara lengkap di sini :

SD MUHIDA The Wellbeing School.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

SD MUHIDA PANEN MEDALI DI OLYMPICAD 7 BANDUNG

SD MUHIDA - Suasana hari ke empat di kota Bandung di pagi...

Perpustakaan Keliling SD Muhida Tiba di Taman Abhirama

SD MUHIDA - GLS atau gerakan loiterasi sekolah SD Muhida merupakan tim yang dibentuk dengan tujuan menyemarakkan literasi di lingkungan sekolah,...

Pulang dari Malaysia Tim Robot Muhida Oleh-oleh Empat Tropi

SD MUHIDA - Empat orang murid SD Muhida yaitu Rafardhan Athallah, M Yuki Maulana, Zuhal Abdillah Afkar dan Saka Athir Madakara yang...

Upacara Bendera HUT RI-78 : Teruskan Perjuangan Pahlawan dengan Giat Belajar

SD Muhida - SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-78 pada...

MAKASA day 2 : Bergembira di Atas Panggung

SD MUHIDA - Makasa di hari ke dua tidak kalah seru, acara dibuka di halaman sekolah oleh Bapak Saiful selaku kepala SD...