SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo

Beranda Berita Kegiatan Guru Terus Berproses dengan Teacher Upgrading "Ragam Asesmen Merdeka Belajar"

Guru Terus Berproses dengan Teacher Upgrading “Ragam Asesmen Merdeka Belajar”

SD MUH1DA

Asesmen adalah salah satu pilar dalam menjaga kualitas,
sehingga bagaimana kita mengoptimalkan asesmen akan sangat membantu bagaimana murid-murid kita belajar lebih optimal.

Dalam rangka meningkatkan keahlian guru dalam mengimplementasikan “Ragam Asesmen Merdeka Belajar”, SD Muh1da mengadakan sebuah pelatihan pada Rabu, 16 Juni 2021, pelatihan virtual ini mendatangkan Pak Bukik Setiawan sebagai narasumber, beliau adalah seorang pemikir merdeka belajar, ketua yayasan guru belajar, pendiri komunitas guru belajar nusantara, pendiri jaringan madrasah belajar, dan inisiator lingkar daerah belajar.

Acara dilaksanakan dengan memperhatikan protokol kesehatan dan dengan metode hybrid (online dan Offline), Pembicara memberikan materi melalui media video conference, sedangkan peserta hadir langsung di auditorium Mas Mansyur, SD Muh1da.

Pak Bukik menjabarkan beberapa poin miskonsepsi mengenai asasmen pembelajaran, juga materi tentang porsi yang tepat dalam membagi asesmen terhadap hasil belajar, Asesmen untuk belajar dan asesmen sebagai proses belajar.Disambung dengan sesi tanya-jawab yang seru antara pak Bukik dengan guru-guru SD Muh1da.

Menurut pak bukik, yang dimaksud merdeka belajar adalah orang yang mengatur sendiri, tujuan, cara dan penilaian belajarnya.
salah satu kunci keberhasilan yg membuat murid bisa mengatur proses belajarnya sendiri adalah efektifitas asesmen, semakin kita efektif mengoptimalkan asesmen, hasilnya adalah anak-anak yang belajar secara mandiri, itu disebabkan karene asesmen bisa memberikan informasi pada murid tentang apa-apa yang sudah efektif dan belum dari proses belajarnya dia, sehingga dari informasi tersebut murid bisa melakukan perbaikan.

Acara Teacher upgrading ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar SD Muh1da untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan. Semoga terdapat banyak ilmu yang dapat diserap serta diterapkan dari acara hari ini untuk hari kedepannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read