SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo

Beranda Berita Kegiatan BIK KELAS 1 DAN 2 : YUK, BERWUDLU DENGAN BENAR!

BIK KELAS 1 DAN 2 : YUK, BERWUDLU DENGAN BENAR!

SD MUH1DA – Bina iman dan keislaman atau BIK merupakan kegiatan rutin bagi murid-murid SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo, seperti biasa, BIK dijadwalkan dalam beberapa sesi dan di bulan Oktober ini adalah sesi untuk kelas 1 dan 2.

Untuk kelas satu dilaksanakan pada 9 Oktober, dan kelas dua dilaksanakan 16 Oktober. Kegiatan BIK ini dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi konverensi video zoom sekolah dan zoom per-kelas.

Kegiatan dimulai pukul 15.00 WIB dengan sambutan dari Pak Saiful sebagai Kepala SD Muh1da, beliau menyapa anak-anak dan sedikit bercerita tentang suasana BIK yang sebenarnya sebelum pandemi.

“Biasanya BIK itu sangat seru loh anak-anak, kita menginap di sekolah, tidur bersama teman-teman, makan dan sholat juaga bersama teman-teman, tapi walaupun kalian tahun ini hanya mengikuti BIK pertamakalinya lewat daring, pak Saiful harap tetap kalian ikuti dengan baik yaa.” tutur beliau.


“Anak yang Sholih adalah anak yang rajin sholat, dan kalau sholat itu harus wudlu dulu, ayo nanti kita belajar berwudlu yang baik bersama Bapak/Ibu Guru yaa.” Tambah beliau sebelum akhirnya meresmikan kegiatan hari ini dengan Basmallah.


Selanjutnya Ustadz Suhairi selaku Kaur Al-Islam SD Muh1da memberikan materi pengantar dengan mengajak anak-anak bersama menyaksikan video juga menyanyikan lagu tentang wudlu.


Setelah itu, anak-anak mulai memasuki ruang kelas virtual kelas mereka masing-masing bersama Wali kelas dan pendamping, di sana mereka mendapatkan materi mengenai rukun iman, seperti apa pengertian rukun iman dan apa saja poin-poinnya, kemudian bersama-sama menyanyikan lagu tentang rukun Iman.


Masuk ke materi utama yaitu mengenai wudlu, Guru memberikan pengertian dan tata cara wudlu kepada anak-anak dengan lagu yang mudah diingat, dengan lagu tersebut kemudian anak-anak diajak berpraktik wudlu satu persatu, mulai dari membaca Basmalah hingga doa setelah wudlu.


Kegiatan BIK ini selesai pukul 17.00 WIB, Subhanallah, semangat-semangat sekali Murid kelas 1 dan2 SD Muh1da belajar berwudlu, semoga dapat menjadi ilmu yang bermanfaat dan dipraktikkan selalu untuk kedepannya, Aamiin.

SD MUH1DA – GALI POTENSI, RAIH PRESTASI

Dokumentasi BIK Kelas 1



Dokumentasi BIK Kelas 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

SD MUHIDA PANEN MEDALI DI OLYMPICAD 7 BANDUNG

SD MUHIDA - Suasana hari ke empat di kota Bandung di pagi...

Perpustakaan Keliling SD Muhida Tiba di Taman Abhirama

SD MUHIDA - GLS atau gerakan loiterasi sekolah SD Muhida merupakan tim yang dibentuk dengan tujuan menyemarakkan literasi di lingkungan sekolah,...

Pulang dari Malaysia Tim Robot Muhida Oleh-oleh Empat Tropi

SD MUHIDA - Empat orang murid SD Muhida yaitu Rafardhan Athallah, M Yuki Maulana, Zuhal Abdillah Afkar dan Saka Athir Madakara yang...

Upacara Bendera HUT RI-78 : Teruskan Perjuangan Pahlawan dengan Giat Belajar

SD Muhida - SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-78 pada...

MAKASA day 2 : Bergembira di Atas Panggung

SD MUHIDA - Makasa di hari ke dua tidak kalah seru, acara dibuka di halaman sekolah oleh Bapak Saiful selaku kepala SD...