Sabtu, 23 Januari 2021
Seni

SeniTari

Seni tari merupakan sebuah seni yang mempelajari tentang gerak tubuh berirama yang dilakukan pada saat tertentu. Biasanya kita sering menyaksikan pementasan seni tarian baik itu tradisional maupun modern. Melatih anak menari sejak usia dini memiliki beberapa manfaat penting, diantaranya :

1. Membantu Perkembangan Fisik dan Motorik
Anak memiliki perkembangan fisik yang lebih terjaga. Saat menari, semua bagian tubuh akan digerakkan dan secara otomatis akan membakar kalori dalam tubuhnya dan mengurangi risiko obesitas. Teknik menari yang meliputi gerakan berlari, berjalan, melompat, hingga membungkukkan badan, dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak. Anak pada akhirnya akan memiliki gerak tubuh yang lebih seimbang serta luwes. Pola gerakan tari juga mengajar anak melatih kemampuan koordinasi antara kaki, tangan dan anggota tubuh lainnya. Tari penting untuk anak karena secara alami mereka akan lebih aktif, kuat, dan terampil.

2. Menumbuhkan Kreatiftas Rasa Percaya Diri
Seni tari menuntut anak untuk belajar untuk berekspresi lewat tariannya, hal ini lah yang berdampak pada kreatifitas anak dalam menuangkan dan membuat gerakan-gerakan tertentu. Apabila seorang penari telah menguasai gerakan-gerakan maka meraka akan lebih percaya diri, terutama pada saat tampil di depan umum.