SD MUH1DA – Berdiri pada tanggal 14 Agustus 1964, awal mulanya di tahun 1962 dimanfaatkan untuk kegiatan ibadah dan keorganisasian Muhammadiyah di tingkat Ranting sampai tingkat Pusat. Dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat akan kebutuhan Pendidikan, maka pada tanggal 30 April 1978 resmi difungsikan menjadi lembaga pendidikan formal dengan diterbitkannya Surat Akte Pendirian Operasional oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Dengan status legal formal maka SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo yang terletak di kota Delta jalan Raden Patah Nomor 91 f kelurahan Pucanganom semakin mendapatkan kepercayaan masyarakat. Pertumbuhan pendidikan di SD Muhammadiyah 1 dibuktikan dengan semakin bertambahnya siswa dari tahun ke tahun. Awal berdirinya lembaga ini mampu menampung enam kelas, setiap kelas menampung kurang lebih 20 sampai 25 siswa saja, tapi dengan seiring perjalanan waktu, dengan meningkatnya kualitas dan layanan pendidikan lembaga serta kualitas tenaga pendidikan, SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo semakin berkembang, bahkan jumlah siswa juga bertambah.

Dengan bertambahnya jumlah siswa dan meningkatnya kepercayaan masyarakat, maka SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo berikhtiar untuk memberikan layanan akan pentingnya ilmu pengetahuan melalui PERPUSTAKAAN, hal ini dilakukan oleh sekolah karena mendapati semakin meningkatnya minat anak-anak untuk membaca. Awalnya, sekolah hanya mampu menyediakan buku bacaan untuk anak anak di pojok-pojok kelas saja sebagai bentuk perpustakaan awal.

Minat baca anak-anak juga semakin tampak pada saat sekolah menyelenggarakan kegiatan pameran foto, kliping dan mading memperingati hari Kesaktian Pancasila pada tanggal 1 Oktober 1995, tidak disangka dengan kegiatan tersebut motivasi anak-anak untuk membaca semakin bergairah, Setiap hari tidak kurang dari 30 siswa dari 240 siswa mendatangi perpustakaan sekolah. Sekolah membaca peluang bahwa salah satu peningkatan ilmu pengetahuan adalah dengan membaca, karena membaca adalah jendela dunia.

Semangat untuk memberikan layanan maksimal terhadap kebutuhan siswa dalam membaca inilah yang kemudian membuat kepala SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Ibu Chaula Syaf membentuk kepengurusan Perpustakaan. Struktur Perpustakaan dibentuk dengan penanggungjawab Ibu Kepala Sekolah, ketua Perpustakaan Bapak Ikhsan, Sekretaris Ibu Dina Rosyidah. Dengan anggota:

Akhirnya, Kepala sekolah beserta pengurus perpustakaan sepakat menetapkan hari jadi perpustakaan SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo yaitu pada tanggal 1 Oktober 1995.

Perjuangan pengurus perpustakaan untuk lebih maksimal maka harus dilengkapi kebutuhan buku-buku dengan berbagai judul dan jenis buku untuk siswa. Usaha pengurus perpustakaan untuk melengkapi kebutuhan buku-buku perpustakaan tersebut mendapat sambutan baik dari wali murid. Alhamdulillah pada tanggal 25 April 2004, sekolah mendapat bantuan buku dari Saitama School of Personality Academy 5-4-24 Kita Urawa, Urawa-Ku Saitama, Japan, bantuan ini adalah upaya wali murid supaya buku- buku di perpustakaan SD Muhammadiyah 1 lebih lengkap dan berwawasan global.

Seiring bertambahnya waktu, pembenahan dan penambahan buku-buku terus dilengkapi sehingga dapat memenuhi kebutuhan siswa akan ilmu pengetahuan melalui membaca.

Waktu terus berubah, struktur pimpinan sekolah juga berubah, Alhamdulillah dibawah kepemimpinan kepala sekolah bapak Ikhsan, SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo dipercaya oleh Dinas Pendidikan Kacamatan Sidoarjo untuk mewakili lomba perpustakaan di tingkat Kabupaten Sidoarjo. Kepercayaan ini lantas tidak disia-siakan, pembenahan admistrasi, penambahan buku-buku, dan melengkapi sarana dan prasarana perpustakaan dilakukan secara maksimal, semuanya berjalan dengan baik dan lancar. Tiba saatnya tim penilaian tiba di sekolah, dan Alhamdulillah, tidak sia-sia usaha dan kerja keras jajaran pengurus serta panitia Perpustakaan SD Muhammadiyah 1, kami mendapatkan Juara 1 tingkat Kabupaten, Piagam penghargaan ini diserahkan langsung oleh Bapak Bupati Sidoarjo di alun- alun Sidoarjo bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu tanggal 17 Agustus.

Di masa sekarang ini (2021), perpustakaan SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo sudah semakin berbenah menjadi lebih baik, kini Walidah Library telah dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung yang semakin mumpuni, dari ruang perpustakaan yang nyaman, berbagai buku ensiklopedia juga bacaan lainnya yang lengkap, alat peraga pembelajaran, didukung pula dengan peningkatan kualitas teknologi informasi seperti beberapa unit komputer yang bisa digunakan oleh siswa untuk membaca E-Book atau memainkan Game Pembelajaran, ada juga mesin MSC yang dapat digunakan untuk pencatatan kehadiran di perpustakaan, pencatatan peminjaman dan pengembalian buku menggunakan kartu Muhida Smart Card.