Rabu, 3 Maret 2021
Beranda Berita BIK Virtual Kelas 6 Putra : Upgrade Keislaman di Masa Pandemi

BIK Virtual Kelas 6 Putra : Upgrade Keislaman di Masa Pandemi

SD MUH1DA – Setelah minggu lalu murid kelas 6 putri telah melaksanakan kegiatan BIK, minggu ini giliran murid kelas 6 putra, BIK atau Bina Iman dan Keislaman sesi kali ini dilaksanakan pada Sabtu – Ahad, 6 -7 Februari 2021.

Bina Iman dan Keislaman adalah kegiatan yang rutin digelar setiaptiap semester dibawah naungan Kaur Ismuba, kegiatan ini diadakan dengan tujuan meningkatkan iman serta keislaman murid dengan melaksanakan rangkaian kegiatan keislaman bersama-sama yang dipandu oleh Guru.

Pada semester ini kegiatan BIK masih dilaksanakan secara virtual, mengingat masa pandemi belum juga berakhir, namun itu tidak mengurangi kekhusyu’an murid dalam menjalani berbagai rangkaian kegiatan keislaman, guru tetap memandu secara intensif setiap murid melalui kelas virtual.

Materi yang akan disampaikan adalah materi tentang Aqidah, Ibadah, Toharoh dan Al-Qur’an,Pada BIK kali ini , materi yang akan ditekankan adalah tentang mandi besar/mandi junub, sebab, murid-murid yang menginjak kelas 6 rata-rata sudah memasuki masa akil baligh, sehingga begitu penting bagi mereka untuk memahami bagaimana mandi besar yang benar sesuai tuntunan Rosulullah, karena mandi besar merupakan salah satu syarat sahnya sholat.

Tujuan dilaksanakannya BIK Kelas 6 diantaranya :

Untuk mengetahui capaian pemahaman materi keislaman murid selama satu semester.
Anak terbiasa melakukan mandi besar secara benar sesuai tuntunanan Rasulullah.
Membiasakan anak bangun malam untuk Tahajud.
Membiasakan anak bangun Shubuh.

BIK virtual SD Muh1da ini difasilitasi ruang zoom premium, terdapat dua jenis ruang zoom yang digunakan yaitu zoom sekolah yang digunakan untuk pertemuan seluruh peserta BIK (ruang kelompok besar), dan zoom kelas, yang digunakan untuk belajar dalam kelompok kecil.
Rangkaian BIK dimulai pukul 14.30, murid memasuki ruang zoom sekolah, disana mereka menyimak pembukaan oleh bapak M Saifullah Rochim kepala SD Muhida, setelah itu murid mendapatkan materi pertama yang disampaikan oleh Ustadz Suhairi selaku kaur Ismuba dan penanggungjawab.
Setelah selesai menyimak materi dari Ustadz suhairi, rangkaian kegiatan selanjutnya adalah sholat ashar berjamaah di rumah masing-masing.

Pukul 15.30 kegiatan dilanjutkan, Murid dibagi menjadi beberapa kelompok kecil lalu memasuki ruang zoom kelompok masing-masing, di setiap kelompoknya terdapat dua orang guru yang menjadi pemmandu, pada moment ini murid diberikan materi utama yaitu tentang mandi janabah/mandi junub, tidak hanya diberikan teori, murid juga diajak berpraktik mandi junub secara langsung, dengan menggunakan gayung mereka mempraktikkan langkah-langkah mandi junub yang disampaikan oleh guru pendamping, lewat layar zoom, guru memantau dan membimbing satu persatu murid hingga benar-benar paham cara yang benar. Setelah materi ini selesai disampaikan, selanjutnya siswa mendapatkan waktu untuk istirahat.

Pukul 03.00 pagi,rangkaian acara dilanjutkan kembali, murid memasuki zoom sekolah untuk menyimak tausiyah dini hari yang disampaikan oleh Pak Ikhsan, dilanjutkan dengan praktik sholat tahajud di rumah masing-masing, murid tetap menyalakan kamera zoom mereka untuk dipantau bagaimana dalam mengerjakan sholat malam oleh Guru.

Setelah selesai menunaikan sholat tahajud, murid diajak bermurajaah juz 30 bersama tim BIK, hingga adzan Shubuh terdengar, mereka melaksanakan Sholat Shubuh di rumah mereka masing-masing dengan dipantau oleh guru melalui layar zoom.

Alhamdulillahirobbilalamiin, atas Ridho Allah SWT, kegiatan BIK sesi kelas 6 putra ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, semoga kegiatan ini benar-benar memberi manfaat bagi murid ke depannya, materi-materi yang disampaikan dapat diterima dan diingat dengan baik, dan menjadikan murid-murid semakin sholeh dan berakhlakul karimah, Aamiin.

SD MUH1DA – THE WELLBEING SCHOOL
SD MUH1DA – ISLAMI, MANDIRI, BERBUDI, BERPRESTASI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Terlindungi: Serunya Murid Kelas 2 Membuat Pop-up Book

SD MUH1DA - Happy Friday Creative/HFC adalah kegiatan pembelajaran seru setiap hari Jumat yang dilakukan oleh murid-murid kelas 2, HFC diadakan sebagai...

BIK Kelas 5 : Memahami Sholat Fardhu Jama’ & Qosor

SD MUH1DA - Murid kelas 5 SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo melaksanakan kegiatan bina iman dan keislaman (BIK) virtual pada Sabtu hingga...

Muh1da Fun Ekskul Virtual : Salurkan bakat dan minat Murid Di Masa Pandemi

SD MUH1DA - Ekstrakurikuler merupakan program penting yang mendukung bakat dan minat murid untuk menggali potensi yang ada pada diri mereka, agar...

Terlindungi: Yuk, Minum Obat Cacing Bersama

SD MUH1DA - Cacing merupakan parasit yang hidup pada organisme lain, Cacing yang ada dalam tubuh anak akan merampas zat makanan dari...

Gold Award Untuk Prayoga di Kompetisi Literasi STEM

SD MUH1DA - Literasi STEM (Science Technology, Engineering, & Mathematics) adalah kemampuan untuk mampu membaca, menganalisis, memahami dan memecahkan masalah soal yang...