SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo

Beranda Berita Penguatan Keislaman di Masa Pandemi : BIK Virtual Kelas 6 Putri

Penguatan Keislaman di Masa Pandemi : BIK Virtual Kelas 6 Putri

SD MUHIDA – Bina Iman dan Keislaman atau disingkat BIK merupakan kegiatan dibawah naungan kaur Ismuba yang rutin dilaksanakan setiap semester bagi murid SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo (SD Muhida) , pada kondisi biasanya kegiatan BIK ini dilaksanakan dengan bermalam di sekolah, murid akan didampingi guru untuk melakukan kegiatan-kegiatan keislaman yang bertujuan untuk memantapkan keimanan dan keislaman para murid dengan cara memandu mereka dalam melakukan praktik-praktik ibadah agar semakin baik dan benar sesuai tuntunan Rasulullah.

Pada masa Pembelajaran jarak jauh seperti saat ini, bukan berarti kegiatan BIK ini ditiadakan, dengan bekal niat serta semangat untuk menjadikan diri lebih baik, murid SD Muhida siap mengikuti kegiatan BIK virtual.


Kegiatan BIK dibagi menjadi 2 sesi, sesi putra sendiri dan sesi putri sendiri, sesi untuk kelas 6 putra akan dilaksanakan minggu depan, kali ini adalah giliran murid kelas 6 (Putri), dilaksanakan mulai Sabtu hingga Ahad, 30-31 Januari 2021 lewat kelas virtual zoom. Materi yang akan disampaikan berua materi tentang Aqidah, Ibadah, Toharoh dan Al-Qur’an, materi yang ditekankan kali ini adala mandi besar, Alasnnya karena murid kelas 6 sudah memauki masa akil baligh, sehingga penting untuk memahami tata cara mandi besar yang benar sesuai tuntunan Rosulullah, karena mandi besar adalah sebagai syarat sahnya sholat.

Tujuan dilaksanakannya BIK Kelas 6 diantaranya :

  1. Untuk mengetahui capaian pemahaman materi keislaman murid selama satu semester.
  2. Anak terbiasa melakukan mandi besar secara benar sesuai tuntunanan Rasulullah.
  3. Membiasakan anak bangun malam untuk Tahajud.
  4. Membiasakan anak bangun Shubuh.

Selama semalam penuh, guru memantau serta memandu murid dalam melaksanakan berbagai kegiatan keislaman, acara dimulai sejak pukul 14.30, murid memasuki ruang zoom sekolah, disana mereka menyimak pembukaan oleh bapak M Saifullah Rochim kepala SD Muhida, lalu murid mendapatkan materi tentang kegiatan hari ini oleh Ibu Umayani, setelah itu dilanjutkan dengan sholat ashar di rumah masing-masing.

Dilanjutkan pukul 15.30, Murid dibagi menjadi beberapa kelompok kecil, mereka memasuki ruang zoom kelompok masing-masing yang setiap kelompoknya terdapat dua orang guru yang memandu, disitu mereka mendapatkan materi tentang keputrian termasuk materi mandi janabah, murid diajarkan dengan praktik secara virtual dengan memakai alat bantu berupa gayung untuk mengetahui urutan-urutan dari mandi janabah. Materi disampaikan hingga pukul 17.00, setelah itu murid mendapatkan waktu untuk istirahat.

Kegiatan dilanjutkan kembali dengan sesi dinihari tentang pembiasaan sholat malam mulai pukul 03.00 pagi, murid memasuki zoom sekolah untuk menyimak tausiyah tengah malam disampaikan oleh Ustadz Suhairi selaku kaur Ismuba, dilanjutkan dengan praktik sholat tahajud di rumah masing-masing, murid tetap menyalakan kamera zoom mereka untuk dipantau bagaimana mengerjakan sholat malam oleh Guru.

Usai mereka melaksanakan sholat tahajud, sembari menunggu adzan shubuh, murid diajak bermurajaah juz 30 bersama tim BIK, hingga adzan Shubuh terdengar, mereka melaksanakan Sholat Shubuh di rumah mereka masing-masing dengan dipantau oleh guru.

Alhamdulillahirobbilalamiin, atas Ridho Allah SWT, kegiatan BIK sesi kali ini dapat berjalan dengan baik serta lancar, semoga kegiatan ini menjadikan murid semakin baik dalam melakukan tata cara beribadah sesuai tuntunan yang diajarkan Rasulullah Muhammad SAW, dan menjadi generasi yang beriman serta ber-akhlak mulia, Aamiin.

SD MUH1DA – THE WELLBEING SCHOOL
SD MUH1DA – ISLAMI, MANDIRI, BERBUDI, BERPRESTASI

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Virtual Iftar Kelas 1: Berbuka Puasa Bersama Via Daring

SD MUH1DA - Ramadhan di tengah-tengah masa pandemi tidak lantas menyurutkan semangat murid-murid SD Muh1da untuk merajut kebersamaan dan kebahagiaan. Dalam rangka...

Unjuk Bakat : Yusuf Raih 6 Pemain Terbaik PERSEBAYA JUNIOR CAMP 2021

SD MUH1DA - Pretasi demi prestasi terus di cetak murid-murid SD Muh1da, seperti tak ada hentinya sekolah mendapatkan kabar yang membanggakan, meski...

PROTOKOL KESEHATAN NEW NORMAL SD MUH1DA

SD MUH1DA - Sudah lebih dari satu tahun dunia pendidikan berjalan tersendat disebakan oleh masa pandemi, Hampir di setiap lini pendidikan mengadakan...

Terlindungi: Damarent Raih Bronze Medal di ROC Aritmatika dan Aljabar

SD MUH1DA - Klinik Pendidikan MIPA atau KPM kembali menggelar kompetisi online, tajuk yang diangkat pada kompetisi kali ini adalah READ1 ONLINE...

Terlindungi: Haidar Borong Piala Pada Fun Swimming “Jalasari Cup II” 2021

SD MUH1DA - Dalam menggali potensi perenang-perenang muda Sidoarjo, Jala Sari Outbound menggelar sebua event yang bertajuk Fun Swiming "Jalasari Cup II"...