Rabu, 3 Maret 2021
Beranda Berita Mengajarkan Peduli Lingkungan dengan Proyek Prakarya Dari Limbah Botol Plastik

Mengajarkan Peduli Lingkungan dengan Proyek Prakarya Dari Limbah Botol Plastik

SD Muh1da – Hingga minggu ke 4 bulan Januari ini, terdapat banyak pembelajaran jarak jauh kreatif yang di berikan oleh guru kepada murid, SD Muhida selalu berkomitmen untuk memberikan pembelajaran yang joyful & meaningfull dalam setiap pembelajarannya, yang artinya, pembelajaran yang diberikan selain harus menyenangkan bagi murid, juga berdampak tersampaikannya makna yang baik.

Salahsatunya adalah pembelajaran bagi kelas 2 kali ini, murid kelas 2 diajak oleh Guru untuk membuat prakarya seni yang terbuat dari bahan botol plastik bekas.

Dengan proyek ini, Bapak/Ibu Guru bertujuan untuk menumbuhkan sikap peduli lingkungan dengan pengolahan limbah plastik, selain itu, pembelajaran ini diharapkan dapat mengembangkan kemampuan bakat dan kreativitas murid secara optimal, sehingga dapat membantu meningkatkan pola pikir murid dalam menghadapi persoalan-persoalan di masa mendatang dengan kreativitas dan daya imajinasi mereka.

Pertama, murid diminta oleh guru menyiapkan bahan-bahan seperti botol plastik bekas, cat, pernak pernik, lem dan sebagainya, juga peralatan seperti gunting dan kuas.
Selanjutnya, murid ditantang untuk membuat kreasi berupa vas bunga atau tempat pensil menggunakan bahan-bahan tersebut sesuai kreatifitas maing-masing.

Melalui kelas virtual zoom, guru mengawasi serta memandu murid dalam mengerjakan proyek ini, suasana kelas virtual begitu seru dan semarak oleh suara murid-murid yang bersahut-sahutan saking antusiasnya dengan pekerjaan mereka.
Guru dengan sabar menanggapi dan mamandu murid-murid hingga akhirnya satu persatu dari mereka menyelesaikan hasil karyanya.

Dan,.. Woww, lihatlah hasil karya mereka, diluar ekspektasi, mereka berhasil membuat karya seni yang begitu indah juga lucu-lucu, berbagai warna hingga bentuk mereka ciptakan, yang tadinya hanya sebuah limbah botol plastik bekas, kini telah berubah menjadi benda yang memiliki nilai seni dan berguna pula, yukk, kita intip hasil karya mereka.

Bagaimana?.. mengesankan bukan, karya-karya murid kelas 2 SD Muhida ini?.., benar-benar murid-murid yang berbakat, guru-gurunya juga hebat.

Dengan proyek pembelajaran kali ini siswa menjadi mengerti bahwa limbah plastik itu berbahaya bagi lingkungan hidup, dan kita dapat membantu mengurangi sampah plastik dengan cara mendaur ulangnya menjadi baenda yang berguna.

Semoga dengan materi-materi pembelajaran jarak jauh kreatif yang diberikan oleh Bapak/Ibu Guru Muhida kepada murid ini menjadi sebuah ikhtiar yang positif, serta benar-benar dapat memberi kemajuan dalam hal pengembangan life skills dan pengetahuan siswa, dan semoga dapat tetap menjaga kegembiraan murid dalam belajar dari rumah.

SD MUHIDA – THE WELLBEING SCHOOL
SD MUHIDA – ISLAMI, MANDIRI, BERBUDI, BERPRESTASI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Terlindungi: Serunya Murid Kelas 2 Membuat Pop-up Book

SD MUH1DA - Happy Friday Creative/HFC adalah kegiatan pembelajaran seru setiap hari Jumat yang dilakukan oleh murid-murid kelas 2, HFC diadakan sebagai...

BIK Kelas 5 : Memahami Sholat Fardhu Jama’ & Qosor

SD MUH1DA - Murid kelas 5 SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo melaksanakan kegiatan bina iman dan keislaman (BIK) virtual pada Sabtu hingga...

Muh1da Fun Ekskul Virtual : Salurkan bakat dan minat Murid Di Masa Pandemi

SD MUH1DA - Ekstrakurikuler merupakan program penting yang mendukung bakat dan minat murid untuk menggali potensi yang ada pada diri mereka, agar...

Terlindungi: Yuk, Minum Obat Cacing Bersama

SD MUH1DA - Cacing merupakan parasit yang hidup pada organisme lain, Cacing yang ada dalam tubuh anak akan merampas zat makanan dari...

Gold Award Untuk Prayoga di Kompetisi Literasi STEM

SD MUH1DA - Literasi STEM (Science Technology, Engineering, & Mathematics) adalah kemampuan untuk mampu membaca, menganalisis, memahami dan memecahkan masalah soal yang...