Sabtu, 23 Januari 2021
Beranda Berita Kegiatan WISUDA VIRTUAL MUHIDA 2020 : Terpisah Jarak, Tetap Spesial Di hati

WISUDA VIRTUAL MUHIDA 2020 : Terpisah Jarak, Tetap Spesial Di hati

SIDOARJO – Minggu, 14 Juni 2020 adalah hari dimana SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo menyelenggarakan pelepasan/wisuda bagi siswa-siswi kelas 6 tahun ajaran 2019-2020 yang telah menyelesaikan pendidikan dasarnya di SD Muhida. Wisuda kali ini lebih spesial dibandingkan di tahun-tahun sebelumnya, pasalnya, wisuda tahun ini adalah pertama kali yang dilaksanakan secara daring atau virtual menggunakan aplikasi konferensi video (zoom meeting), wisuda tahun ini tidak dapat diselenggarakan di sekolah disebabkan belum meredanya pandemi covid-19. Namun wisuda virtual yang disiarkan Live melalui youtube, facebook dan instagram ini tetap meriah dan khidmat tanpa mengurangi esensi dari wisuda itu sendiri.

Wisuda baru akan dimulai pada pukul 09.00 pagi, tapi sejak pukul 08.00 ruang konferensi wisuda virtual ini sudah ramai oleh tamu undangan yang sudah hadir karena antusias, yaitu siswa-siswi beserta orang tua mereka yang telah siap di depan layar perangkat mereka masing-masing dengan pakaian yang sudah rapi seperti halnya menghadiri wisuda pada umumnya.

Pukul 09.00 tepat wisuda akhirnya dimulai, Ibu Ildia Ayu Izzati, SE selaku MC membuka wisuda virtual hari ini dengan tema “Hidup Mulia Berawal Dari Muhida”.

Pada sesi pertama ini MC mengajak seluruh tamu undangan yang hadir untuk bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya, kemudian disambung dengan mars Muhammadiyah.

Setelah selesai menyanyikan lagu kebangsaan dan mars Muhammadiyah, sesi selanjutnya adalah mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an Al-Luqman 12-16, yang akan dibacakan oleh ananda Muhammad Ruly Hasbil A, wisudawan dari kelas 6 Khalid bin Walid, seluruh hadirin tenang dan mendengarkan bacaan merdu ananda dari Muhammad Ruly Hasbil A.

Pembacaan ayat suci Al-Qur’an pun selesai, selanjutnya adalah sambutan dari Ibu Enik Chairul Umah, M.Si, M.Pd selaku Kepala SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo, dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Wisuda kali ini memang dilaksanakan secara jarak jauh, namun tidak mengurangi esensi dari wisuda ini, beliau mengucapkan selamat kepada murid kelas 6 tahun ajaran 2019-2020 yang telah menyelesaikan pendidikan dasar di SD MUHIDA, Ibu Enik berpesan “Bawalah nilai-nilai kehidupan yang telah didapat dari guru dan teman sejak bersekolah di Muhida hingga kedepan, hari ini merupakan awal kesuksesan kalian, kesempurnaan dari kesuksesan adalah akhlak yang terjaga dengan baik, dahulukan akhlak di manapun dan kapanpun, railah cita-cita setinggi mungkin, apapun profesi kalian kelak, pastikan kalian kembali dan berjuang di Muhammadiyah.”
Beliau juga menyampaikan terima kasih sedalamnya kepada semua wali siswa atas kepercayaannya kepada SD Muhida sebagai titipan amanah, dan mohon maaf apabila ada kesilapan selama berada di sd muhida ini.

Di akhir sambutannya Bu Enik bersajak : “Setiap awal pasti ada akhir, setiap bertemu, pasti ada berpisah, walau masa belajar di SD Muhida telah berakhir, doa dan cinta kami kepada kalian tetap terlantun sepanjang masa, rajin berlatih jadi terampil, terus berkarya tanpa putus asa, jika kelak kalian telah berhasil, memuliakan kedua orang tua adalah prioritas utama”.

Setelah sambutan dari Kepala sekolah, acara berikutnya adalah Prosesi wisuda yang akan dibacakan oleh Ibu Husnul Lailiyah, S.Pd.I, satu persatu wisudawan-wisudawati disebutkan namanya serta ditampilkan foto mereka di layar konferensi satu persatu.

Prosesi wisuda berlangsung kurang-lebih 30 menit, setelah itu disambung dengan penyebutan wisudawan-wisudawati berprestasi yang di bacakan oleh Ibu Mufidah Sufianti, S.Pd, SI, satu persatu wisudawan-wisudawati berprestasi dipanggil namanya.

Sesi selanjutnya adalah sesi yang ditunggu-tunggu oleh seluruh hadirin, yaitu sesi selebrasi bersama seluruh wisudawan wisudawati dan keluarga, sebelum acara ini dimulai, mereka telah menyiapkan tulisan ucapan-ucapan selebrasi dan selamat wisuda kepada teman-teman seperjuangannya, ketika sesi ini dimulai, mereka serentak mengangkat tulisan-tulisan yang mereka buat tersebut ke depan kamera, dan moderator mulai menyorot mereka satu persatu, ekspresi mereka bermacam-macam, kebanyakan mereka girang, namun ada pula yang tegang, malu-malu, hingga ada yang menangis, reaksi dari ayah dan ibu di samping wisudawan juga beragam, ada yang turut membuat tulisan selebrasi, ada pula yang langsung memeluk dan mencium putra-putrinya yang wisuda hari ini di depan kamera sebagai ungkapan bahagia dan bangga. ditambah iringan instrumen piano lagu “Sampai Jumpa” dari Endank Soekamti menjadikan suasanya semakin haru pada sesi ini.

Sesi selebrasi berlangsung sekitar 30 menit, setelah itu dilanjutkan dengan pemutaran video ucapan selamat dari guru-guru SD Muhida, melalui video ini Bapak-Ibu guru menyampaikan ucapan selamat dan sukses untuk siswa-siswinya yang diwisuda hari ini.

Dilanjutkan dengan sesi penyampaian motivasi yang akan disampaikan oleh Bapak H. Ikhsan, S.Ag., M.Si. selaku ketua majelis Dikdasmen PDM Sidoarjo, Beliau menyampaikan bahwa setelah wisuda ini masih terdapat beberapa jenjang pendidikan lagi yang harus dilalui, Menurut Beliau ada 3 hal dasar yang harus dilakukan dan dimiliki agar dapat melalui seluruh jenjang tersebut, yaitu :

  1. Kesabaran dalam menuntut ilmu, sebab masih panjang perjalanan pendidikan kalian kedepan, dengan kesabaran, insyaallah akan mudah dalam melalui semua jenjang pendidikan tersebut.
  2. Keikhlasan dalam menuntut ilmu, ikhlas adalah dasar, dengan keikhlasan dalam beribadah berakhlak dan menuntut ilmu kalian akan bisa mengabdikan diri pada persyarikatan Muhammadiyah dan mengembangkan dinnul Islam dimasa mendatang.
  3. Tawakal, dengan tawakal kita berpasrah diri kpd Allah SWT dalam melalui semua jenjang-jenjang pendidikan, dengan itu pendidikan kalian akan mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Menurut Beliau, tiga dasar itulah yang akan menjadi wujud keimanan, “Setelah itu milikilah penguasaan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, agar derajat kalian ditinggikan oleh Allah SWT, karena syarat memperoleh kemuliaan adalah milikilah iman yang kuat yang disertai dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi”, tutur Beliau.
“Tetap semangat dalam kondisi pandemi saat ini, semoga keadaan ini dapat memberikan sebuah pelajaran yang baik, yaitu kesabaran, keikhlasan dan kepasrahan”. itulah nasihat serta motivasi yang Pak Ikhsan sampaikan kepada wisudawan-wisudawati untuk melangkah kedepannya.
Selain itu, Pak Ikhsan juga berpesan kepada para orang tua, menurut beliau “Anak kita adalah sebuah investasi yang paling mulia yang kita miliki, maka selalu dampingi anak-anak kita dalam jenjang-jenjang pendidikan mereka selanjutnya, semoga ananda sekalian menjadi ank yang sholeh sholihah, dan berbakti kepada orang tua” Pak Ikhsan berharap di 25 tahun yang akan datang, kelak siswa-siswi yang wisuda hari ini dapat menmenguasai dunia dan menjadi pemimpin-pemimpin hebat yang amanah dan tawaqal, yang menjadikan dunia ini mulia dan diberkahi Allah swt.

Setelah itu, sesi selanjutnya adalah sesi testimoni dari perwakilan wali siswa SD Muhida, testimoni disampaikan oleh wali siswa yaitu Ibunda dari wisudawati Aisyah Danin Ahyan dari kelas 6 Hamzah bin Abdul Munthalib, beliau menyampaikan bahwa awalnya sepakat memilih sekolah berbasis agama sebagai bekal hidup anak kelak, dan memilih SD Muhida dikarenakan anak senang melihat lingkungan SD Muhida yang bersih dan nyaman, selain itu, Muhida dalam penerimaan siswa juga mempertimbangkan aspek psikologis anak, tidak sekedar nilai akademis semata. Pemandangan hangat terlihat di pagi saat mengantar ananda sekolah, anak di sambut oleh bapak-ibu guru di depan gerbang sekolah, selain itu terdapat banyak ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat anak, juga kegiatan outdoor learning yang menarik antusias anak dalam belajar. Adanya kegiatan Bina Iman Dan Taqwa juga telah membuktikan bahwa Muhida sangat konsisten terhadap praktik agama anak, agar anak melakukan praktik agama secara benar. Beliau juga menyampaikan, orang tua sangat terbantu dengan fasilitas teknologi informasi yang dimiliki Muhida seperti layanan sms si pintar, dan Muhida Smart Card yang dapat digunakan memantau kehadiran anak, dan bertransaksi. Beliau juga berterimakasih dalam kondisi pandemi yang tidak memungkinkan kesekolah seperti saat ini, Muhida berusaha keras tetap memberikan pendidikan secara daring demi menunjang pendidikan anak didik semaksimal mungkin. Terimakasih pula kepada bapak ibu guru untuk dedikasinya, semoga diberikan capaian tertinggi dunia dan akhirat, mohon maaf atas kesalahan wali murid dan anak-anak selama bersekolah di Muhida, acara wisuda virtual ini akan menjadi kenangan yang tak akan terlupakan seumur hidup, tutur beliau.

Sesi selanjutnya adalah penampilan persembahan dari perwakilan wisudawan-wisudawati SD Muhida, penampil pertama adalah Ananda Alfurqonee Adynur, wisudawati dari kelas 6 Hamzah bin Abdul Munthalib yang akan membawakan puisi indah berjudul “Wisuda di Tengah Pandemi Covid-19”

Lalu penampilan persembahan kedua dan terakhir adalah ananda Sekar Nawa Kalandari, Wisudawati dari kelas Abu Bakar yang menyanyikan lagu “Sampai Jumpa” dari Endank Soekamti, seluruh hadirin turut bernyanyi bersama-sama.

Tak terasa 2 jam 30 menit sudah wisuda virtual ini berlangsung, kini wisuda virtual ini telah tiba di sesi terakhir yaitu sesi doa bersama yang akan dipimpin oleh Ustadz Suhairi, M.Pd.I selaku Kaur Al-Islam dan Humas SD Muhida, seluruh hadirin tenang dan berdoa bersama.

Seusai berdoa bersama, akhirnya acara wisuda virtual hari ini selesai, Bu Ayu selaku MC mewakili seluruh panita menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh hadirin yang telah hadir berpartisipasi dalam wisuda virtual hari ini, MC menyampaikan penutup lalu berpamitan.

Semoga wisuda virtual kali ini berkesan dan terkenang bagi seluruh wisudawan-wisudawati beserta seluruh undangan, Bagi wisudawan-wisudawati sekalian semoga Allah SWT Memudahkan langkah kalian kedepannya dalam mencapai segala yang telah kalian cita-citakan, dan semoga muhida kedepan terus berkembang dan mencetak anak didik yang cerdas dan berakhlakul karimah, dan anak selalu sehat dan tercapai semua yg dicita2kan, aamiin yaa robbal alamiin. Aamiin YaaRobbalalamiin.

Rekaman lengkap Wisuda SD Muhida 14 Juni 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Cutie Funny Donnut : Pembelajaran Seru di Kelas 2

SIDOARJO – Hingga bulan Januari di tahun 2021 ini, kondisi dunia khususnya indonesia masih belum reda dari pandemi Covid-19, Sehingga belum memungkinkan...

Sidoarjo - Kabar gembira datang dari gelaran Story Telling Muhammadyah Education (ME) Award Special Edition 2020, Muhammadiyah Education (ME) Award merupakan ajang...

Selamat Memimpin SD MUHIDA, Bapak Syaifullah Rochim

Sidoarjo, 19 Desember 2020 - SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo (SD Muh1da) melaksanakan Pelantikan dan serah terima jabatan kepala sekolah terpilih...

Ibra, Ilmuan Cilik Muh1da, Kembali Torehkan Prestasi di Dua Kompetisi Sains Sekaligus

Sidoarjo - Kiprah Ibrahim Naufal Zuhdi/Ibra siswa kelas 4 Ali SD Muh1da di ajang kompetisi sains sudah tidak diragukan lagi, Ibra sudah...

Ghaishani Meraih Medali Emas di Ajang Kejurda Junior Wakeboard Jawa Timur

Sidoarjo - Pengurus Propinsi Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia PSAWI Jawa Timur menggelar Kejuaraan Daerah Kejurda Ski Air tingkat Jawa Timur...