Senin, 25 Januari 2021
Beranda Berita Kegiatan Mengajarkan Keberagaman Indonesia Dalam Kehidupan Nyata, Kelas 4

Mengajarkan Keberagaman Indonesia Dalam Kehidupan Nyata, Kelas 4

Rabu, 4 Maret 2020, SD Muhammadiyah 1 Pucang Anom Sidoarjo menyelenggarakan acara pembelajaran kebudayaan Indonesia untuk siswa-siswi kelas 4, acara ini bertajuk “Mengajarkan Keberagaman Indonesia Dalam Kehidupan Nyata”, siswa-siswi diajarkan keberagaman budaya Indonesia melalui kegiatan mengamati pakaian dan rumah adat dari beberapa provinsi di Indonesia, serta menampilkan pementasan tarian-tarian tradisional, dalam kegiatan ini, seluruh siswa-siswi kelas 4 Muhida mengikuti kegiatan dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah. Acara dimulai pukul 07.00, bertempat di halaman sekolah dan aula Mas Mansyur SD Muhida.

Kegiatan pertama adalah mengamati rumah adat dalam bentuk miniatur, panitia menyediakan beberapa miniatur rumah adat dari berbagai provinsi di Indonesia, lalu siswa-siswi secara bergiliran diminta mengamati dan mencatat apa saja ciri-ciri khusus yang mereka temukan/lihat pada setiap rumah adat, selain bertujuan untik mengenalkan rumah adat, kegiatan ini juga bertujuan untuk melatih kekuatan analisa dari siswa-siswi, mereka dengan antusias mengamati dan berdiskusi bersama kelompoknya.

Kemudian setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan mengamati pakaian adat dari berbagai daerah, siswa-siswi secara bergiliran diminta mengamati pakaian adat yang dikenakan oleh teman-temannya, seperti halnya mengamati rumah adat, mereka juga diminta menganalisa dan mencatat apa detail dan keunikan dari masing-masing pakaian adat, mereka mengenakan pakaian adat dari banyak daerah di indonesia, mulai dari pakaian adat sumatera utara, Jawa, Kalimantan, Bali, Hingga Papua.

Setelah itu adalah acara pamungkas, yaitu pementasan tari tradisional yang dibawakan oleh siswa-siswi kelas 4 Muhida, ada 4 jenis tarian yang dipentaskan hari ini, yaitu tarian Suwe Ora Jamu dari Jawa Tengah, tari Saman dari Sumatera Utara, tari Jaranan dari Jawa Timur, dan tari Yamko Rambe Yamko dari Papua Barat.

Yang pertama adalah tarian Suwe Ora Jamu, berikut putra-putri kelas 4 Muhida menampilkan tarian ini dengan keriangan mereka.

Yang kedua adalah peformence tari saman asal Sumatera Utara yang dibawakan begitu kompak oleh siswa-siswi kelas 4 Muhida.

Selanjutnya saatnya tarian tradisional khas Jawa timur yang akan dibawakan oleh siswa-siswi kelas 4 Muhida, yaitu tari Jaranan.

Dan tari persembahan terakhir adalah tarian yang paling meriah, yaitu tari Yamko Rambe Yamko, siswa-siswi sangat semangat dan sangat lincah ketika menampilkan tarian, dan semua asal Papua barat ini, dan seluruh penonton turut menyanyikan laagu ini dengan semarak.

Itulah tadi ragam kegiatan Pengajaran Keberagaman Indonesia Dalam Kehidupan Nyata untuk kelas 4 SD Muhida, semoga dengan diselenggarakannya kegiatan ini hari ini dapat menjadikan putra-putri SD Muhida lebih mengenali lagi lebih banyak budaya-budaya tradisional di indonesia selain daerahnya sendiri, dan semoga dapat menjadikan manfaat untuk kedepannya.

Saksikan keseruan acara ini secara lengkap di sini :

SD MUHIDA The Wellbeing School.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Cutie Funny Donnut : Pembelajaran Seru di Kelas 2

SIDOARJO – Hingga bulan Januari di tahun 2021 ini, kondisi dunia khususnya indonesia masih belum reda dari pandemi Covid-19, Sehingga belum memungkinkan...

Sidoarjo - Kabar gembira datang dari gelaran Story Telling Muhammadyah Education (ME) Award Special Edition 2020, Muhammadiyah Education (ME) Award merupakan ajang...

Selamat Memimpin SD MUHIDA, Bapak Syaifullah Rochim

Sidoarjo, 19 Desember 2020 - SD Muhammadiyah 1 Pucanganom Sidoarjo (SD Muh1da) melaksanakan Pelantikan dan serah terima jabatan kepala sekolah terpilih...

Ibra, Ilmuan Cilik Muh1da, Kembali Torehkan Prestasi di Dua Kompetisi Sains Sekaligus

Sidoarjo - Kiprah Ibrahim Naufal Zuhdi/Ibra siswa kelas 4 Ali SD Muh1da di ajang kompetisi sains sudah tidak diragukan lagi, Ibra sudah...

Ghaishani Meraih Medali Emas di Ajang Kejurda Junior Wakeboard Jawa Timur

Sidoarjo - Pengurus Propinsi Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia PSAWI Jawa Timur menggelar Kejuaraan Daerah Kejurda Ski Air tingkat Jawa Timur...