- Ekstrakurikuler Muhida -

TAPAK

SUCI

Tapak Suci merupakan ekstrakurikuler bela diri yang berasal dari Muhammadiyah. SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo menjadikan ekstrakurikuler Tapak Suci sebagai wadah bagi siswa-siswi sebagai bentuk melestarikan seni bela diri asli Muhammadiyah.

Selain itu, melalui Tapak Suci siswa-siswi mampu mengendalikan dan memiliki kontrol diri dari berbagai hal-hal yang merugikan. Tujuan dari ekstrakurikuler Tapak Suci adalah sebagai berikut.

1. Menumbuhkan sikap disiplin siswa
2. Menciptakan kondisi bugar dan prima sehingga dapat berpikir secara optimal
3. Menumbuhkan dan meningkatkan rasa percaya diri siswa
4. Menumbuhkan sikap sportif dan saling menghargai
5. Memperoleh prestasi

HIZBUL

WATHAN

Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (disingkat HW) adalah salah satu organisasi otonom (ortom) di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah. HW didirikan pertama kali di Yogyakarta pada 1336 H (1918M) atas prakarsa KH Ahmad Dahlan, yang merupakan pendiri Muhammadiyah. HW berasaskan Islam didirikan untuk menyiapkan dan membina anak, remaja, dan pemuda yang memiliki aqidah, mental dan fisik, berilmu dan berteknologi serta berakhlak karimah dengan tujuan terwujudnya pribadi muslim yang sebenar-benarnya dan siap menjadi kader persyarikatan, umat, dan bangsa.

Untuk Ekstrakurikuler Hizbul Wathon (HW) merupakan kegiatan yang memberikan ketrampilan khusus bagi siswa dalam hal kepanduan. Layaknya kegiatan pramuka, anak-anak dilatih beberapa ketrampilan, diantaranya, bertahan hidup dengan bekal seadanya, tidak takut susah, mental tahan banting, kemandirian, jiwa pejuang, kepemimpinan dan masih banyak lagi. Diharapkan bagi anak-anak yang memiliki kecerdasan natural (alam), maka akan tepat sekali mereka terlibat di ekskul ini.

EKSTRA

BROADCASTING

Broadcasting merupakan salah satu bagian dari ilmu komunikas yang lebih memfokuskan ke bidang penyiaran pada umumnya penyiaran radio.

Muhida sendiri memiliki media radio online yang bernama Muhida Radio, di ekstrakurikuler ini siswa dilatih broadcasting untuk melatih kemampuan verbal dan komunikasi, mereka juga dilatih tentang bagaimana teknik-teknik penyampaian informasi yang baik dan benar agar menjadi broadcaster hebat di masa yang akan datang.

 

FILM

INDIE

Ekstrakurikuler Film Indie di SD Muhida telah banyak mencetak penghargaan, diantaranya penghargaan tingkat nasional dalam Muhammadiyah Education Award. Untuk mengikuti ekskul ini siswa harus lolos audisi seperti berakting, pengoprasian kamera serta kemampuan penulisan cerita. Manfaat mengikuti kegiatan film indie bagi anak daiantaranya adalah melatih jiwa kepemimpinan seperti berkoordinasi dengan rekan yang lain, juga melatih keberanian untuk berekspresi di depan umum.

EKSTRA

CATUR

Catur adalah olahraga asah otak yang populer dikalangan anak hingga dewasa, olahraga catur mempunyai banyak manfaat untuk tumbuh kembang daya pikir anak, dan manfaat-manfaat lainnya diantaranya :

1. Melatih konsentrasi anak.
2. Meningkatkan memori anak.
3. Melatih kesabaran anak .
4. Meningkatkan IQ anak.
5. Melatih penggunaan otak kanan dan otak kiri bersama-sama.
9. Melatih anak untuk memiliki kemampuan memecahkan masalah.

EKSTRA

BIOLA

Biola adalah salah satu alat musik gesek yang sudah dikenal luas di kalangan anak-anak maupun dewasa. Merupakan instrumen yang indah, baik untuk dilihat maupun didengar.
SD Muhammadiyah 1 Sidoarjo membuka ekstrakurikuler biola, karena biola memiliki banyak manfaat yang positif bagi anak, diantaranya :

1. Meningkatkan koordinasi dan keterampilan motorik yang baik;
2. Meningkatkan kepekaan/ feeling;
3. Meningkatkan Kecerdasan Otak dan Mempertajam daya ingat;
4. Meningkatkan Kreativitas;
5. Melatih Kesabaran, konsentrasi, menurunkan stres dan ketekunan;
6. Meningkatkan Rasa Percaya Diri.

EKSTRA

TARI

Seni tari merupakan sebuah seni yang mempelajari tentang gerak tubuh berirama yang dilakukan pada saat tertentu. Biasanya kita sering menyaksikan pementasan seni tarian baik itu tradisional maupun modern. Melatih anak menari sejak usia dini memiliki beberapa manfaat penting, diantaranya :

1. Membantu Perkembangan Fisik dan Motorik:
Anak memiliki perkembangan fisik yang lebih terjaga. Saat menari, semua bagian tubuh akan digerakkan dan secara otomatis akan membakar kalori dalam tubuhnya dan mengurangi risiko obesitas. Teknik menari yang meliputi gerakan berlari, berjalan, melompat, hingga membungkukkan badan, dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak. Anak pada akhirnya akan memiliki gerak tubuh yang lebih seimbang serta luwes. Pola gerakan tari juga mengajar anak melatih kemampuan koordinasi antara kaki, tangan dan anggota tubuh lainnya. Tari penting untuk anak karena secara alami mereka akan lebih aktif, kuat, dan terampil.

2. Menumbuhkan Kreatiftas Rasa Percaya Diri :
Seni tari menuntut anak untuk belajar untuk berekspresi lewat tariannya, hal ini lah yang berdampak pada kreatifitas anak dalam menuangkan dan membuat gerakan-gerakan tertentu. Apabila seorang penari telah menguasai gerakan-gerakan maka meraka akan lebih percaya diri, terutama pada saat tampil di depan umum.

BAHASA

JEPANG

Belajar bahasa asing sangat penting bagi anak, salahsatu bahasa asing yang paling sering digunakan di dunia internasional adalah bahasa jepang, terdapat beberapa manfaat yang didapat dari belajar bahasa jepang, diantaranya :

1. Mudah meneruskan jenjang pendidikan
pandai berbahasa Jepang akan mengantarkan anak Anda meneruskan jenjang pendidikan lebih luas hingga ke negara Jepang. Seseorang yang hendak meneruskan jenjang pendidikan ke luar negeri akan dituntut untuk lebih bisa menguasai bahasa tempat yang dituju.

2. Mendapatkan peluang kerja yang luas
Salah satu manfaat yang didapat bila seorang anak belajar Bahasa Jepang sejak kecil ialah lebih mudah mendapatkan peluang kerja saat dewasa nanti. Kendati selama ini bahasa internasional yang harus dikuasi setiap orang ialah Bahasa Inggris akan tetapi perkembangan teknologi saat ini mendorong bahasa-bahasa dari negara maju patut untuk dipelajari juga. Menariknya, negara Jepang merupakan negara maju yang banyak memajukan dunia tehnologi. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya perusahaan yang mencari kandidat tenaga kerja dengan kualifikasi lancar berbahasa Jepang

DA'I

CILIK

Muhida mengadakan ekstra kurikuler Da’i cilik ini dengan tujuan supaya anak belajar dan terbiasa untuk menyampaikan dakwah islam di masyarakat. selain itu juga kegiatan ini dapat melatih keberanian siswa pada saat tampil di muka khalayak ramai. Kepercayaan diri juga perlu dilatih agar terbiasa untuk menyampaikan yang positif. Muhida ingin mencetak generasi-generasi pendakwah hebat di masa depan. 

COOKING

CLASS

Pada ekstrakurikuler memasak ini anak diajarkan berbagai hal mulai dari mengenal bahan-bahan makanan juga bumbu, mengetahui jenis-jenis makanan dan minuman yang sehat, hingga belajar matematika kehidupan sehari-hari seperti menakar dan manajemen waktu. Kegiatan memasak ini menjadikan anak semakin cekatan dan teliti, anak juga akan diajarkan untuk lebih menghargai dan mensyukuri setiap makanan, selain itu memasak juga menjadi suatu kegiatan yang menggembirakan bagi anak. 

DESAIN

GRAFIS

Ekstrakurikuler desain grafis mengajak anak untuk mengeksplorasi kreatifitasnya melalui seni grafis, di jaman ini kebutuhan terhadap jasa desain grafis begitu banyak, diantaranya seperti poster, banner, desain kaos dan sebagainya, melalui ekstra ini anak diajarkan teknis dalam menggunakan aplikasi desain grafis Adobe photoshop dan Adobe Illustrator dengan materi pembelajaran yang menggembirakan.